Silabus Mata Kuliah Perencanaan Fasilitas – Gasal 2009/2010

Jumlah SKS : 3 (tiga)

Dosen : Stefanus Eko Wiratno, ST, MT dan Yudha Prasetyawan, ST, M.Eng
E-mail : yudhaprase@ie.its.ac.id
dan Webblog: yudhaprase.wordpress.com

TUJUAN
Memahami konsep dasar, proses dan teknik-teknik perencanaan fasilitas serta mampu merancang dan mengevaluasi tata letak fasilitas suatu sistem manufaktur / jasa yang terdiri dari mesin, tempat kerja, work-in-process inventory, gudang, serta sistem pemindahan materialnya

MATERI KULIAH
1. Pengantar perencanaan Fasilitas (konsep dasar, ruang lingkup, prinsip, proses, dan tujuan)
2. Analisis lokasi fasilitas (Permasalahan lokasi yang terdiri dari Discrete Space Location Problem dan Continuous Space Location Problem, Permasalahan alokasi dan permasalahan Lokasi-Alokasi)
3. Analisis produk dan proses
4. Analisis aliran material dan kebutuhan space
5. Sistem fasilitas yang menyangkut: structural, enclosure, atmospheric, electrical and lighting, life safety, sanitation, building automation, dan facility maintenance management
6. Personel requirements (Employee-Facility Interface, Restrooms, Food services, Health services, Barrier-Free Compliance, Office Facility Planning)
7. Pendekatan tradisional untuk layout fasilitas
8. Model-model matematik untuk layout fasilitas
9. Algoritma-algoritma dasar untuk layout fasilitas
10. Computer aided layout design
11. Group Technology layout
12. Non Traditional layout
13. Material handling
14. Evaluasi, seleksi dan implementasi
15. Storage dan Warehouse

PRASYARAT
– Proses Manufaktur
– Teknik Tata Cara dan Pengukuran Kerja

SASARAN KOMPETISI

1. Mahasiswa memahami konsep dasar perencanaan fasilitas serta pemanfaatannya di dunia industri dan masyarakat.

2. Mahasiswa memahami tahapan – tahapan perencanaan faslitas.

3. Mahasiswa mampu merancang tata letak fasilitas.

4. Mahasiswa mampu mengevaluasi hasil rancangan tata letak baru/modifikasi maupun yang sudah ada.

STANDAR PENILAIAN

UTS 15% TUGAS MANDIRI & KELAS 50% TUGAS BESAR 35%

TUGAS

· Tugas Kelas : Tugas yang di kerjakan saat tatap muka kelas

· Tugas Mandiri : Tugas yang dikerjakan mandiri di luar kelas, deskripsi dan proporsi nilai dapat dilihat pada uraian di bawah ini .

TUGAS 1 ~ Individu ~ dikumpulkan pada minggu ke – 2

Resume tentang 1 buah jurnal atau paper seminar terkini (5 tahun terakhir) terkait materi Perencanaan Fasilitas. Resume dibuat 500 kata yang menjawab antara lain beberapa pertenyaan berikut :

a. Apa ide pokok yang disampaikan dalam jurnal tersebut?

b. Berdasarkan jurnal tersebut, apa manfaat perencanaan fasilitas dalam permasalahan Industri dan masyarakat ?

c. Apa kelebihan dan kekurangan materi jurnal dalam sudut pandang overview materi kuliah yang telah dijelaskan dalam minggu ke – 1 ?

d. Apa ide Anda untuk pengembangan lebih lanjut ?

Tips : Jurnal dapat diakses menggunakan sciencedirect ITS maupun gratis via search engine seperti google. Silakan tulis judul jurnal, nama penulis dan sumber referensi pada situs yudhaprase.wordpress.com agar berbeda setiap mahasiswa (first come first serve). Untuk memperkaya penalaran Anda, silakan membaca secara ringkas isi buku yang ada dalam bagian Referensi yang direkomendasikan.

Kriteria : Kelengkapan menjawab pertanyaan dan intepretasi/pengembangan pribadi

Manfaat : Mahasiswa dapat mencapai sasaran kompetensi 1

TUGAS 2 ~ Kelompok (Maksimal 2 orang) ~ dikumpulkan pada minggu ke – 4

Studi kasus tentang analisa lokasi. Mahasiswa dipersilakan merumuskan masalah yang bias dipecahkan seputar permasalahan Kota Surabaya, Propinsi Jawa Timur, maupun seputar tempat tinggal yang relevan untuk dibahas.

Proses pembahasan harus melibatkan data yang valid ataupun derivasi/pengembangan data lain (jika data langsung tidak tersedia). Tahapan yang dilakukan paling tidak adalah :

a. Penentuan faktor kritis penentuan lokasi

b. Penentuan kriteria obyektif dan subyektif penentuan lokasi

c. Penilaian alternative terhadap criteria berdasarkan data valid

d. Penentuan lokasi terbaik serta analisan sensitivitas.

Metode yang dipergunakan harus dijelaskan alas an/latar belakang penggunaannya, serta kelebihannya di banding metode lain.

Tips : Pahami dulu metode – metode yang ada dalam materi analisa lokasi

Kriteria : Kelengkapan dan ketepatan melakukan tahapan yang diminta

Manfaat : Mahasiswa dapat mencapai sasaran kompetensi

TUGAS 3 ~ Kelompok (maksimal 3 orang) ~ dikumpulkan pada minggu ke – 10

Penyelesain metode /argoritma rancangan tata letak dengan bantuan komputer

Membuat program berbasis Macros MS Excel, VB atau apapun yang sudah diajarkan pada mata kuliah Algoritma dan Pemrograman Komputer

Seluruhnya harus dikerjakan sendiri.Penyelesaian/suksesnya program memang diharapkan tetapi Logika Anda yang sejalan dengan model/algoritma lebih dipentingkan

Tips : Pahami betul software yang akan dipakai sebagai alat bantu, bisa dimulai dengan kasus yang lebih sederhana terlebih dahulu

Kriteria : Ketetapatan dan koherensi dengan langkah penyelesaian model/algoritma

Manfaat : Mahasiswa dapat mencapai sasaran kompetensi 3

TUGAS RANCANG ~ Kelompok (Maksimal 4 orang) ~ dikumpulkan pada minggu ke- 13 ~ dipresentasikan pada minggu ke-15

Membuat studi kasus yang menggunakan materi 1-12

Studi kasus boleh diambil berdasarkan kasus nyata dalam kehidupan sehari-hari, laporan KP/TA (bukan yang membahas perencanaan fasilitas) atau artikel lain yang relevan.Peggunaan data valid atau pengembangan tetap diutamakan.

Obyek yang akan diambil dituliskan di website maksimal minggu ke – 5 diberi komentar disetujui atau disarankan mencari yang lain.

Tips : Segeralah mencari obyek dan ditulis di website, obyek yang sederhana bisa diperkaya dengan memperdalam analisa. Gunakan materi maupun software yang bisa dimanfaatkan untuk pengerjaan (missal hasil Tugas 3)

Kriteria :Kedalaman menyajikan deskripsi system/obyek, kedalaman membahas analisa awal (missal analisa produk, proses, dst), ketepatan alasan memilih metode dan penyelesaian, hasil akhir layout baru.

Manfaat : Mahasiswa dapat mencapai sasaran kompetisi 2 – 4

Catatan Khusus :

§ Metode yang dugunakan paling tidak ada SLP dan ARC serta tambahan GT, ABS, dsb

§ Hasil akhir layout (baru dan lama) dibuat dalam 3 Dimensi menggunakan AutoCAD,3 DMAX, dsb

§ Perbandingan antara layout lama dan baru berdarkan kriteria tertentu.

TUGAS 5 ~ Individu ~ dikumpulkan pada minggu ke – 15

Studi kasus tentang material handling dan warehouse

Tips: Bacalah materi tugas secara seksama dan jawab semua item yang diminta dipersilakan juga mencari referensi yang relevan

Kriteria: Kelengkapan menjawab pertanyaan dan analisa/interpretasi yang disampaiakan

Manfaat: Mahasiswa dapat mencapai sasaran kompetensi 4

SELURUH TUGAS MANDIRI MENGIKUTI KETENTUAN SEBAGAI BERIKUT.

§ Kelengkapan laporan berpengaruh terhadap penilaian keseluruhan

§ Dibuat dalam kerta A4 70 gram (tidak boleh balik), margin 3-2-2-2 cm (kiri-atas-kanan-bawah), huruf Calibri 11, 1 Spasi, kecuali judul gambar/tabel ukuran huruf 10, tulisan dalam tabel menyesuaikan (minimal ukuran 7)

§ Tidak perlu dijilid, cukup di steples/dijepret di sisi kiri

§ Cover seperti yang disediakan (ikuti formatnya)

§ Boleh menggunakan bahasa Inggris

§ Urutan materi (khusus Tugas I untuk acuan kerangka saja, tidak perlu bagian terpisah)

I. Pendahuluan (latar belakang umum, kaitan dengan teori yang dibahas secara umum, rumusan masalah dan tujuan penulisan)

II. Pengumpulan Data (atau hal lain yang dianggap perlu missal Dasar Pengerjaan Tugas)

III. Pengolahan Data

IV. Analisa Dan Interpretasi

V. Kesimpulan dan Rekomendasi

VI. Daftar Pustaka

VII. Lampiran (jika ada)

HAL-HAL KHUSUS

1. Belajarlah dengan rajin, biasakan membaca dan mencoba memahami materi sebelum perkuliahan untuk materi yang bersangkutan, serta jangan menunda waktu untuk mengerjakan tugas yang telah diberikan di awal semester. Ingat meskipun nilai akhir bukan tujuan utama, tetapi hal tersebut adalah cerminan dari kerja keras Anda mengikuti kuliah.

2. Demi kelancaran jalannya pertemuan di kelas (perkuliahan), maka mahasiswa yang datang 10 menit setelah kuliah dimulai tidak diperkenankan masuk

3. Kehadiran anda dalam kuliah akan berpengaruh pada syarat mengikuti ujian (minimal kehadiran)

4. Disediakan waktu khusus untuk konsultasi tentang materi kuliah (jadwal diumumkan kemudian). Jika pertanyaan dikirimkan melalui e-mail dan dipandang perlu diketahui seluruh peserta kuliah maka akan diinformasikan melalui website yang ada. Periksa isi website paling tidak seminggu sekali

5. Bila terdapat kesulitan dalam mengerjakan tugas, segera konsultasikan dengan dosen dan hindari plagiarisme (tugas yang menjiplak tidak akan diberi nilai). Keterlambatan penyerahan tugas akan diberikan sanksi berupa pemotongan nilai sebesar 20% nilai yang didapat per jumlah hari keterlambatan (kecuali bila ada halangan khusus). Tugas hendaknya diserahkan langsung pada dosen yang bersangkutan, kecuali bila ada pemberitahuan khusus.

6. Hal-hal yang terkait dengan sanksi kecurangan dan lain-lain, silakan melihat pada peraturan akademis ITS (simak di http://www.its.ac.id)

REFERENSI YANG DIREKOMENDASIKAN (urut abjad, silakan menggali lebih jauh)

1. Apple, James A (1977). Plant Layout and Material Handling Systems Design, John Wiley & Sons

2. Heragu, Sunderesh (1997). Facilities Design, PWS Publishing Company

3. Meyers, Fred E and Stephens, Matthew P (2005). Manufacturing Facilities Design and Material Handling, 3rd edition

4. Richard L Francis, Leon F McGinnis, and John A White (1992). Facility Layout and Location, An Analytical Approach, 2nd edition, Prentice Hall

5. Tompkins, James A; White, John A; Bozer, Yavuz A (2003). Facilities Planning, 3rd edition, John Wiley & Sons

6. Wignjosoebroto, Sritomo (2003). Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan, Guna Widya, Surabaya

RENCANA PERKULIAHAN

No.

Pertemuan ke-

Materi

1

1

1

2

2

2

3

3

3, 4, 5, 6

4

4

7,8

5

5

8,9

6

6

9

7

7

9

8

8 & 9

UTS

9

10

10,11

10

11

12

11

12

12, 13

12

13

14

13

14

15

14

15

15

15

16

Kapita selekta

16

17 & 18

Presentasi

Have a nice experience in this class

SEW & YP

35 Responses

  1. Pak, mengenai tugas ke 2 PF bapak, kami membuat peta titik2 node dalam bentuk apa ya pak? hardcopy ato softcopy? dalam software apa? terimakasih banyak…

  2. tugas 3
    nama : ratna puspitasari (07-028)
    dhahniar rakhmawati (07-060)

    topik tugas : peralatan mandi ( sabun, shampoo, pasta gigi )

    tugas 4
    ratna puspitasari 07-028
    novas agita 07-034
    dhahniar rakhmawati 07-060

    topik : lab PSMI

  3. Nabila Firdausi (2507 100 141)
    Ratih Indri Hapsari (2507 100 141)

    Tugas 3
    Industri BUSANA MUSLIM
    kategori Pakaian Jadi

  4. khoirunnisa 2507100061
    nuresti prabaningtyas 2507100148

    industri sepatu

  5. Sukma Prastika Sari (2507100146)
    Farida Indriana (2507100150)
    industri kertas

  6. Ratih Heningtyas Maulidya (2507 100 012)
    Sylvania Marchellina Suhartono (2507 100 048)
    Eka Angga Riandika (2507 100 106)
    Nieko Haryo Pradhito (2507 100 007)

    Tugas 4
    Lab KOI

  7. tugas 3 :
    1. Anggita Putriani Widodo ( 2507.100.016)
    2. Diartha Febrina ( 2507.100.039)

    Industri Kripik

    Tugas 4 :
    1. Anggita Putriani Widodo ( 2507.100.016)
    2. Diartha Febrina ( 2507.100.039)
    3. Aryka Putra (2507.100.096)
    4. Mirza Miftanulah ( 2507.100.102)

    Lab SCM.

  8. TUGAS 3 dan TUGAS 4 PERENCANAAN FASILITAS

    1. TUGAS 3 ( Analisa produk, proses, material dan space)
    Jenis produk
    • Kebutuhan mandi (sabun, dan sejenisnya).
    • Minyak goreng, margarine, dan sejenisnya.
    • Pakaian jadi
    • Souvenir
    Tidak diperkenankan meggunakan produk-produk furniture, pagar las (produk yang digunakan dalam praktikum proses manufaktur).
    Tugas dikerjakan oleh 1 kelompok maksimal 2 orang.
    Pengumpulan tugas : Minggu ke-8 (EBTS)

    2. TUGAS 4 (Facility System dan Personal Requirement)
    Eksplorasi semua yang ada di gedung TI :
    – Scape Laboratorium.
    – Scape ruang kelas.
    Lengkapi dengan emergency exit procedure (evacuation) terhadap :
    a. Kebakaran.
    b. Banjir.
    c. Gempa.
    Tugas dikerjakan oleh 1 kelompok maksimal 4 orang.
    Pengumpulan tugas : Minggu ke-10.

    Format urutan materi tugas 3 dan 4 (untuk acuan umum kerangka saja, tidak perlu bagian terpisah)
    I. Pendahuluan (15%)
    II. Literatur review/ kajian pustaka (10%)
    III. Pengumpulan dan Pengolahan Data ((35%)
    IV. Analisa Dan Interpretasi (25%)
    V. Kesimpulan (10%)
    VI. Daftar Pustaka (5%)
    Pengguanan bahasa Inggris (+10%)

    Pemilihan produk (tugas 3) dan scape ruangan (tugas 4) silahkan di-submit pada menu Silabus Mata Kuliah Perencanaan Fasilitas 2009/2010 ini.

  9. TUGAS 3:
    1. Jumie Sephy Rahayu (2507 100 059)
    2. Siti Rohmana Aminullah (2507 100 157)

    [Souvenir pantai dari pasir dan kerang]

    TUGAS 4:
    1. M. Hilmi Firmansyah (2507 100 037)
    2. Jumie Sephy Rahayu (2507 100 059)
    3. Herry Purnama Sandy (2507 100 110)
    4. Sarah (2507 100 145)

    [Kantin]

  10. Tugas 3
    Meilia Nur Candra Dewi (2507 100 009)
    Dystian Anggraini (2507 100 022)

    topik tugas : souvenir tas dan tempat pensil

    Tugas 4
    Alfian S.P. (2507 100 005)
    Meilia Nur Candra Dewi (2507 100 009)
    Dystian Anggraini (2507 100 022)
    Bayu Rezki P. (2507 100 113)

    topik tugas : ruang multimedia teknik industri.

  11. Tugas ke-3 PF
    kita mengambil topik untuk Industri Makanan : Mie Instan dengan berbagai varian rasa

    Nama Anggota Kelompok :
    Aryka Pradhana Putra (2507100096)
    Mirza Miftanula (2507100102)

  12. Sylvania Marchellina S. (2507 100 048)
    Bayu Rezki Pratama (2507 100 113)

    Tugas 3 PF:
    Topik tugas : Tentang industri minyak goreng, margarine dll

    alternatif topik tugas : Industri Bingkai Photo (pigura)

  13. TUGAS 4:
    1. M. Hilmi Firmansyah (2507 100 037)
    2. Jumie Sephy Rahayu (2507 100 059)
    3. Herry Purnama Sandy (2507 100 110)
    4. Sarah (2507 100 145)

    alternatif lain: Ruang TI-104

  14. Tugas 3:
    Eka Angga R.
    Ratih H.
    tugas 3: Industri sepatu/ industri sandal

  15. tugas 4
    kelompok:
    khoirun nisa (07-061)
    nuresti prabaningtyas (07-148)
    sukma prastika sari (07-146)
    farida indriana (07-150)

    fasilitas: sekretariat TI

  16. Tugas 4:
    Aulia Rakhmawati
    Avega W
    Nurul Hudaningsih
    Siti Rohmana Aminullah

    Fasilitas : Plasa TI

  17. Selamat pagi pak yud. Nyetor daftar jenis produk u/
    Tugas III Perencanaan Fasilitas..
    Kelompok: Refi (2507100089) dan Bartha (2507100122)
    tentang
    Kecap, saos, sirup, cuka, dsj(dan sejenisnya).

  18. tugas 3

    Alfian S.P
    bambang Irwanto
    Home Industri pembuatan nasi roomo instan

  19. Tugas 3

    Avega W
    Nurul H.

    Produk : Mukena

  20. selamat pagi pak
    Yogi
    Donny prasetya
    industri pakaian
    alternatif souvernir

  21. Untuk tugas -4
    Dihien reksa
    Donny Prasetya
    Bambang Irwanto
    Bakhtiar Ahadin
    Fasilitas RBTI
    Terima kasih

  22. dihein R I
    Bakhtiar Ahadin

    untuk tugas 3, kami memilih industri KALENG MINUMAN pak

    TERIMA KASIH

  23. Selamat sore pak, pak yudha saya ingin bertanya apabila saya mengambil industri kaos printing dan temen lain ada yang mengambil busana muslim, apakah saya diperkenankan tetap memakai industrri kaos printing? Walaupun kategorinya sama namun jenisnya berbeda.
    Terima kasih pak.

  24. novas agita 2507100034
    nieko haryo pradhito 2507100007
    barang jadi kulit
    tas, koper, tali punggung, dompet, sarung tangan

  25. selamat pagi pak.. .. kami

    aulia rahmawati 2507100094
    sarah 2507100145

    untuk tugas 3 mengambil produk
    PERNAK PERNIK DARI KAIN FLANEL
    (bros dan gantungan kunci dengan berbagai macam bentuk)

  26. selamat malam Pak..

    untuk tugas 3, kami :
    – M. Hilmi Firmansyah 2507100036
    – Herry Purnama Sandy 2507100110

    memilih produk “HELM” untuk di analisa.

    terima kasih Pak…

  27. selamat malam Pak..

    untuk tugas 3, kami :
    – M. Hilmi Firmansyah 2507100036
    – Herry Purnama Sandy 2507100110

    yang semula memilih produk “HELM” untuk di analisa, sekarang kami ganti dengan :

    “produk elektronik : blender, mixer, dan kipas angin”

    terima kasih Pak…

  28. Ralat Tugas 3

    1. Anggita Putriani Widodo ( 2507.100.016)
    2. Diartha Febrina ( 2507.100.039)

    Semula kami memilih “Industri kripik”
    Diralat:
    memilih “Industri Pengolahan Minuman Teh”
    (Teh botol, Teh Kaleng, Teh Kotak, Teh Celup)

  29. selamat siang pak…
    untuk tugas 4 kami akan menganalisa plasa TI, yang kami tanyakan, apakah plasa TI itu juga dianalisa mengenai emergency exit nya pak?
    sebelumnya terima kasih banyak pak…

  30. askum pak,,..

    maaf ganti lagi karena susah untuk cari referensi..,,
    kami ganti untuk menganalisa industri kerajinan perak

  31. Selamat malam Pak,

    Maaf sebelumnya, untuk tugas 3, kami :
    Dhahniar Rakhmawati 2507 100 060
    Ratna Puspitasari 2507 100 028

    yang semula memilih produk untuk peralatan mandi untuk dianalisa, kami ganti dengan produk susu (susu bubuk dan kental manis) terimakasih sebelumnya Pak

  32. Untuk kelompok Refi Efendi dan Bartha seperti yang telah sempat saya diskusikan dengan Bapak, jadinya kecap dengan jenisnya yakni tahu dan tempe.
    Terima kasih.

  33. selamat malam pak….ini mau nanya untuk tugas 6 PF nya kami ingin menganalisa :
    Produk : keripik buah
    dengan macam produk nya:
    -kerpik mangga,
    -kerpik nanas
    -kerpik apel, dll
    apakah boleh pak ?
    Mohon bimbingannya….
    sebelumnya terimakasih banyak,,,,

  34. selamat pagi pak,
    pak sebelumnya kami dari kelompok layout keripik di paper memenangkan pairwise terus ternyata ada kesalahan dan perlu diperbaiki,, sehingga yang memenangkan adalah graph based,, jadi kami merevisi paper ulang pak,, dan paper tersebut sudah kami kumpulkan bersama dengan maketnya pak,, tapi ternyata blum samapi ke tangan bapak, apa kami boleh mengumpulkan via email pak?
    maaf sbelumnya pak mengganggu istirahat bapak, semoga cepat sembuh pak, terimakasih.

  35. looh,, belum ada yg baru ya pak?? yg untuk entry data tugas pertama PF ttg resume jurnal….

    makasiih,,,,
    ^^

Leave a reply to dihein Cancel reply