Diskusi Seputar Ekonomi Teknik

Berikut pertanyaan-pertanyaan dari 2 pengunjung

boleh ngga tolongin tugas aku
1. Penggantian sebagian peralatan produksi diusulkan oleh beberapa teknisi pabrik untuk meningkatkan produktivitas pabrik. Sistem peralatan baru ini senilai Rp. 750 juta dan akan mempunyai nilai sisa Rp. 200 juta pada akhir periode tahun kelima.
Peningkatan produktivitas bersih dari peralatan baru ini sebesar Rp. 200 juta per tahun. Jika MARR perusahaan sebesar 30% selidikilah apakah usulan diatas ekonomis atau tidak dengan menggunakan :
a. metode nilai sekarang (present worth method)
b. metode nilai akan datang (future worth method)
c. apakah kedua metode ini memberikan hasil yang sama?

Comment by puput — December 11, 2007 #

Saya tertarik dengan website ini terutama materi yang terkandung didalamnya.Bisakan diberikan penjelasan lebih lanjut mengenai analisa sensitivitas dan hubungannya dengan ekonomi teknik…terima kasih

Comment by A. Heron — December 26, 2007 #

 

 

Ini jawaban saya

Jawaban untuk Puput. Berdasarkan informasi yang Anda berikan berarti….a. NPV = -750jt + 200jt (P/A,30%,5) + 200jt (P/F,30%,5) = silakan dihitung sendiri dengan mencari nilai setaranya di tabelb. Future Worth = -750jt (F/P,30%,5) + 200 jt + 200jt (F/A,30%,5)c. Nilainya tentu tidak sama karena nilai mendatang dengan sekarang. Tetapi kesetaraannya bisa diukur dengan
apakah NPV = Future Worth (P/F,30%,5)
Pembaca yang lain boleh memberi koreksi

Jawaban untuk Heron
ANALISA SENSITIVITAS dipergunakan…
Karena perhitungan dalam ekonomi teknik sebetulnya mengandung asumsi fixed condition all time misalnya pendapatan per tahun dianggap x juta. Padahal kenyataannya bisa ber-fluktuasi, demikian halnya dengan faktor bunga yang bisa berubah setiap saat dianggap flat. Kemudian kondisi mendatang sulit untuk diprediksi, dengan demikian analisa sensitivitas dipakai sebagai pedoman untuk if condition artinya jika rata-rata bunga turun dari 30% menjadi 20% apa yang terjadi dengan NPV. Horizon perencanaan diperpendek karena bencana, juga apa yang terjadi dengan NPV. Termasuk jika optimis, diperkirakan pendapatan bisa lebih besar. Then…bisa diputuskan investasinya jadi dilaksanakan atau tidak. Jika setelah sensitivity analysis NPV = 1 rupiah…ok tapi apa ya mau jalan.

many thanks and further comments are welcome

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: