Saran Kuliah Teknik Pengendalian Kualitas

Silakan tulis saran Anda untuk perkuliahan Teknik Pengendalian Kualitas di sini. Terima kasih.

43 Responses

  1. RESUME

    selamat pagi pak yudha…

    Selama satu semester ini saya mendapat banyak sekali tambahan pengetahuan yang berkaitan dengan materi TPK bapak dimana saya dapat mengert definisi kualitas,faktor-faktor yamg mempengaruhi sebuah kualitas dimana kita menentukan CTQ dari sebuah kualitas selain itu kami kami diajari tools-tools dalam pengendalian kualitas dengan aplikasi 7 tools sehingga kami dapat mengolah sebuah data hingga diketahui sebuah kualitas dari parameter yang ditentukan selanjutnya diperdalam dengan aplikasi peta kontrol untuk mengevaluasi proses produksi seperti variavel control charts ataupun atribut control charts selanjutnya aplikasi acceptance sampling untuk mengendalikan input dan output dalam sistem produksi,dilanjutkan dengan penerapan standart-standart yang umum digunakan dalam pengendalian kualitas hingga aspek-aspek manajemen kualitas yang menyangkut organisasi dalam Total Quality /control (TQC),demikan yang dapat saya simpulkan dari materi 1 semester ini pak.. terima kasih bimbinganya dan gemblenganya 8++ tugasnya yang keren abis…
    Muhammad muslikh firmansyah(2506100104)
    .

  2. Selamat siang pak Yudha P.
    Untuk saran yang dapat saya berikan pada mata kuliah TPK yang bapak ajarkan, mungkin saya akan terlebih dahulu menanggapi masalah presentasi kemarin kurang terlalu mengerti tentang isi dari chapter tersebut. Namun secara keseluruhan, cara pengajaran bapak sudah sangat efektif.
    Tapiii banyak sekali tugasnya paaakk????sangat terasah dengan seven toolsnya,,
    Saran lainnya adalah masuk kelasnya jangan terlalu telat ya pak…hal lainnya yang saya suka adalah Bapak bisa berkomunikasi dengan mahasiswa, meskipun sekali lagi tugasnya banyaaaak sekalii???Danke Schoon,saya dan teman-teman minta doanya agar UAS bisa lancar begitu juga dengan nilainya,,,,

  3. Kesan yang dapat saya tangkap dari kuliah TPK selama satu semester ini antara lain:
    1. Kuliah TPK adalah kuliah yang penuh tugas, namun dengan adanya tugas tersebut membuat mahasiswa terbiasa dengan 7 tools dan proses pengendalian kualitas
    2. Proporsi penilaian yang jelas dan seimbang antara ujian dan tugas dapat membantu mahasiswa menentukan strategi yang digunakan dalam kuliah ini
    3. Meskipun tugas telah ditentukan di awal pertemuan namun dalam proses pengerjaannya mahasiswa sering pengalami kendala (tidak mengerti batasan pengerjaan antara tugas satu dengan lainnya)

    Dan saran yang dapat saya sampaikan yaitu :
    1. Kuliah sebaiknya dilaksanakan tepat waktu
    2. Sebaiknya ada review mengenai tugas yang telah dikumpulkan dan dosen menunjukkan cara pengerjaan tugas yang benar

  4. selamat siang pak
    selama mengikuti kuliah TPK bapak materi yang disampaikan cukup bisa dimengerti setelah diterangkan oleh bapak tapi tugas yang diberikan terlalu banyak pak…jadi agak berat menjalani kuliah selama satu semester!!
    tapi alhamdulliah bentar lagi perjuangan untuk mata kuliah ini berakhir hehehe makasih banyak atas ilmu yang bapak berikan SEMOGA ILMU INI BERMANFAAT bagi orang banyak
    dan maaf banget kalau selama di kelassaya pernah melakukn kesalahan baik yang di sengaja maupun tidak disengaja…oia pak semoga nilai yang bapak berikan bisa cukup memuaskan hehe

  5. devi novitasari(2505.100.040)
    sebelumnya saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Yudha selama satu semester ini telah memberikan mata kuliah TPK dengan baik.
    sejujurnya saya adalah mahasiswa mengulang dan waktu mengambil di kelas bapak saya akhirnya mengerti definisi dari mata kulaih TPK,emang sih sebelumnya bisa dibilang agak bego,hee..di kelas bapak, bapak sangat memberikan mata kulaih ini dengan baik dan efektif. emang sih pak, pelajaran dari TPK ini memuat banyak banget tugas yang mulai dari pengumpulan data error, CTQ, penerapan standard pengendalian kualitas, aplikasi seven tool, setra study kasus penerapan TQC, QCC walaupun dengan tugas dan materi yang begitu seabrek,hee.. tetapi tetap membuat saya tetap semangat mengikuti kuliah di kelas bapak.
    dan harapan saya untuk kedepannya, pengajaran TPK lebih mudah memberikan semangat kepada mahasiswa.dan saya pribadi mohon maaf bila ada kesalahan yang baikdisengaja atau tidak.
    dan mudah2an kelas TPK bapak semua mahasiswa termasuk saya lulus dalam mata kuliah ini… amiinn…🙂

  6. Mungkin saran saya tidak berbeda jauh dengan saran-saran sebelumnya (^o^)v
    Menurut saya pengajaran yang telah dilakukan oleh pak Yudha sudah baik karena kebetulan ini bukan kali pertama saya diajar oleh bapak. Sebelumnya saya pernah diajar PF dan Sistem Manufaktur oleh bapak. Dan mulai dari PF hingga TPK kali ini, saya merasa sistem pengajaran yang telah diberikan oleh bapak yaitu dengan memberikan tugas lebih efektif. Karena dengan pemberian tugas tersebut maka kita pun dituntut untuk selalu belajar agar paham (meskipun pada tugas ke 6 sempat terjadi kesalahpahaman dalam mendefinisikannya). Tapi hasilnya adalah kita jadi lebih memahami pengaplikasian dari pengendalian kualitas. Dengan adanya tugas-tugas tersebut, saya pun menjadi lebih mahir dalam menggunakan seven tools dan minitab.
    Paling enggak dengan tugas ini kita tidak terlalu jadi pengangguran (maklum kalau tidak ada tugas rasanya sepi juga,,hehehe)
    apalagi ya???mungkin cuma segini aja yang bisa saya tuliskan (spechless soalnya,,hehehe).Intinya pengajaran pak Yudha sudah baik dan tetap dipertahankan. Semangat pak (^o^)v

  7. Selamat siang pak
    Senang bisa diajar bapak lagi setelah SI 2 saya diajar oleh bapak. Saran saya untuk mata kuliah TPK yaitu saya kurang bisa mendapat pengajaran yang detail tidak seperti ketika saya diajar SI2. Hal itu mungkin dikarenakan bapak berasumsi bahwa mahasiswa sudah bisa tapi kebanyakan mahasiswa Indonesia banyak lupanya daripada ingatnya termasuk saya jadi perlu direview terlebih dahulu.Secara garis besar pengajaran sudah sangat baik tetapi masalah keterlambatan bapak mengajar cukup mengganggu tetapi masalah kehadiran bapak TOP BGT masuk terus..sekali-kali lubur ngajar ya pak. Masalah tugas banyak banget tapi mau gimana lagi dengan adanya tugas itu yang membuat saya memahami materi kuliah dan juga penilaian sebagian besar diambil darisana. Saya senang mengikuti mata kuliah yang bapak ajar karena penilaiannya objektif dan banyak menambah pengetahuan. Satu lagi saya kurang suka metode presentasi yang bapak terapkan di kelas karena saya lebih mengerti materinya jika diterangkan oleh bapak langsung. Mungkin itu saja untuk perbaikan kedepaannya dan yang bagus-bagus tetap dipertahanin ya pak. Kalo semester depan ada mata kuliah yang diajar bapak saya pasti daftar lagi jdi mahasiswanya walaupuntugasnya banyak.. Sekian dari saya terima kasih (^-^)

  8. A.A Putri Dhamayanti (2506 100 100)

    pertama-tama saya ingin mengucapkan banyak terima kasih pada bapak karena selama 1 semester ini saya telah dibimbing dalam 2 mata kuliah yaitu Teknik pengendalian kualitas dan perencanaan fasilitas. terus terang kedua mata kuliah bapak adalah mata kuliah yang paling berkesan untuk saya di semester 5 ini. terutama untuk tugasnya yang banyak menambah pengetahuan saya dan bila deadline tugas kedua mata kuliah berada dalam minggu yang sama. menurut saya dari segi cara mengajar bapak tentunya tidak pelu diragukan lagi .sehingga saya sangat antusias mengikuti mata kuliah yang bapak ajar,hanya saja setelah bapak mulai menerapkan metode presentasi pada kuliah TPK ini,saya jadi kurang paham dengan materi yang dipresentasikan.saya justru lebih mengerti jika bapak yang menerangkan.
    sekian dari saya, saya ucapkan terima kasih…..
    Selamat Hari Natal Dan Tahun baru ya pak….

  9. salam kenal pak YP,
    saya Lulu Mahmudah (2506100149), mahasiswi TI sedang mengambil mata kuliah TPK.
    berikut ini kritik dan apresiasi yang bisa saya ajukan terkait kegiatan belajar mengajar mata kuliah TPK.

    kritik:
    saya ingin mengajukan kritik tentang pembelajaran dengan metode presentasi.
    saya rasa metode ini kurang efektif meskipun mungkin efisien untuk menyelesaikan kerangka pembelajaran.
    tidak efektif karena menurut saya metode ini membuat mahasiswa hanya mengerti materi yg disampaikan oleh kelompoknya sendiri, tp tetap kebingungan dengan materi yg dibawakan oleh kelompok lain.
    mungkin karena materi TPK yg tidak jarang terdapat materi menghitung menggunakan rumus-rumus, maka menurut saya lebih baik di kelas diadakan latihan penyelesaian soal atau masalah. tapi tentunya diberikan penjelasan terlebih dulu agar dlm menyelesaikan soal, mahasiswa tdk kebingungan.

    apresiasi:
    secara keseluruhan saya cukup puas dg kegiatan pembelajaran mata kuliah TPK.
    saya senang dg adanya pemberian tugas yg tersruktur dg baik setiap minggunya meskipun seringkali saya mengeluh karena dihadang pula oleh tugas-tugas yg lain.
    tugas TPK yg banyak ini memaksa saya untuk paling tidak membaca buku atau referensi dari internet. sungguh ampuh.

    kiranya cukup apa yg dapat saya sampaikan. mohon maaf dan terima kasih.

  10. Heni Sulistyowati (2506100144)

    Selamat sore pak,
    Terima kasih saya ucapkan karena selama 1 semester ini saya mendapat banyak masukan ilmu Teknik pengendalian kualitas dari bapak.Ada sedikit kritik yang ingin saya ajukan yaitu mengenai metode pengajaran dengan cara presentasi mahasiswa. Saya rasa hal ini kurang tepat, karena pemahaman mahasiswa
    yang mempresentasikan materi tersebut juga masih kurang menguasai, maka akan jadi lebih mudah untuk memahami
    materi tersebut jika dijelaskan dahulu oleh bapak.
    Tetapi untuk keseluruhan saya merasa puas dengan pengajaran bapak dalam kuliah TPK ini. Semoga untuk pengajaran selanjutnya dapat lebih menyenagkan lagi.

    Cukup sekian kritik dan saran dari saya, mohon maaf bila ada salah kata, terima kasih.

  11. Andina Syahnaz (2506100132)

    Selamat malam pak,
    Terima kasih Pak,selama semester 5 ini telah mengajarkan saya materi Teknik Pengendalian Kualitas serta membuka cakrawala saya akan aplikasi mata kuliah ini dalam kondisi real. Sejujurnya, sebelum mengikuti kuliah ini pemahaman saya akan kualitas bukanlah mengenai standar ataupun pengurangan variabilitas seperti yang telah bapak terangkan. Saya membayangkannya sebagai kondisi produk yang paling prima. Teknik pengajaran bapaklah yang telah membuat saya memahami makna kualitas yang sebenarnya.
    Namun, mohon maaf Pak, saya setuju dengan pendapat rekan-rekan saya. Metode pengajaran Bapak setelah UTS yang berupa presentasi saya rasa kurang efektif. Saya kurang dapat memahami materi dengan metode seperti ini. Saya setuju dengan rekan Heni, sebaiknya materi tersebut diterangkan sebelumnya oleh Bapak.

    Sekian saran dan kritik dari saya. Terima kasih.
    Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2009

  12. Saran yang dapat saya berikan pada mata kuliah ini adalah…

    Mata kuliah TPK ini sudah mempunyai kriteria baik, baik dari sisi penugasan dan lainnya. untuk kedepan lebih diperbaiki dari sisi penugasan, agar lebih practical, jadi mahasiswa lebih terjun ke lapangan dan mengetahui kualitas dari sisi pandang perusahaan maupun UKM.

    untuk presentasi lebih dibuat hidup, karena saya rasa presentasi kemarin tidak begitu effektive.

    terima kasih atas bimbingan bapak. hanya ini saran yang dapat saya sampaikan.

    -Irawan-

  13. Selamat malam pak,

    Selama saya mengikuti perkuliahan bapak, alhamdulillah materi dapat terserap dengan baik. Tugas-tugas yang mungkin dapat dikatakan sangat banyak, ternyata sangat membantu saya dalam memahami materi yang telah bapak ajarkan di dalam kelas. Tapi, sebaiknya di setiap minggu-minggu sebelum pengumpulan tugas, bapak menjelaskan secara detail mengenai apa-apa saja yang seharusnya dibahas dalam tugas tersebut, sehingga tidak terdapat perbedaan persepsi dalam pengerjaan tugas (seperti pada tugas 6). Mengenai proses belajar mengajar dengan cara presentasi, saya kira memang baik, akan tetapi saya pribadi tidak begitu mengerti dengan apa yang di presentasikan teman-teman, dan cenderung hanya mengerti materi yang dipresentasikan oleh kelompok saya sendiri. Mungkin akan lebih baik, apabila materi-materi tersebut disampaikan langsung oleh bapak.

    Mungkin cukup sekian saran dari saya, terima kasih banyak, pak…

  14. Selamat malam Pak,

    Setelah mengikuti perkuliahan Teknik Pengendalian Kualitas selama kurang lebih satu semester ini sedikit banyak saya mendapatkan pengetahuan yang tidak sedikit walaupun terdapat beberapa kendala. Tugas yang seabrek yang telah diberikan selama perkuliahan juga ckup membantu dalam menyerap esensi dari mata kuliah yang diajarkan. Mahasiswa mwnjadi lebih mendapatkan peran dalam perkuliahan karena musti terjun langsung ke UKM ataupun ke perusahan, jadi sedikit banyak kami menjadi tahu tentang kualitas dari sudut pandang produsen. Tetapi untuk tugas yang banyak tersebut menjadi kurang greget karena minimnya penjelasan secara spesifik seperti misalnya terkait dengan subbab tertentu. Menurut saya pribadi hendaknya tugas yang diberikan ke mahasiswa dijelaskan lebih rinci dan diberikan setelah materi diberikan sehingga mahasiswa mendapat gambaran umum apa-apa yang harus dikerjakan, sehingga dapat dihindari perbedaan persepsi yang sangat mungkin terjadi. Mengenai presentasi saya rasa cukup baik karena melatih komunikasi dan proses pemecahan masalah dari susdut pandang mahasiswa. Namun untk kedepannya preesntasi dikelas agar lebih ditingkatkan lagi baik presenter maupun pemerhati.

    Sekian dari saya tentang saran dan kritik, terima kasih banyak sebelumnya

  15. Selamat siang pak,,
    Saya Ria Novitasari 2506100137 mahasiswa kelas SI dan juga TPK kelas bapak. Sebenarnya saya sudah mengirimkan saran ini melalui email bapak yudhaprase@yahoo.com pada tanggal 19 desember.

    just wanna to give a command on your teaching way,,
    pak yudha asyik dalam mengajar, menyampaikan materi dalam suasana sersan (serius tapi santai), jadi anak2 tidak terlalu pusing dan tegang saat mengikuti kelas bapak. namun kadangkala jika becanda terlalu berlebihan, akibatnya mampu membuyarkan konsentrasi

    Tugas TPK yang bapak berikan terlalu banyak dan hal ini kurang diimbangi dengan materi yang harusnya disampaikan pada minggu terkait. selain itu metode presentasi materi untuk chapter yang akhir2 juga tdk efektif karena mahasiswa masih kurang memahami apa yang dipresentasikan,, pada awl perkuliahan bapak mereview tugas yang telah diberikan namun hal tersebut jarang dilakukan pada tugas yang akhir2 ini. Hendaknya dalam pengajaran kedepan lebih mendapatkan perhatian lagi.

    Selain itu transparansi nilai yang bapak janjikan juga kurang terlaksana. Banyak tugas yang belum dikembalikan . Selain itu ada beberapa tugas yang dikerjakan secara kelompok, namun nilai untuk masing2 anggota kelmpk berbeda.

    Karena mata kuliah TPK adalah mata kuliah eksakta, hendaknya latihan soal diperbanyak jadi kita tidak hanya belajar teori melulu.

    secara umum saya hanya menangkap 60% dari materi TPK yang seharusnya saya dapatkan. Hanya materi sebelum UTS saja yang cukup terasa jelas, mungkin hal ini juga disebabkan kemampuan sya yang terbatas.

    Demikian lah kesan saya selama belajar TPK dengan pak Yudha, Semoga saran ini bermanfaat bagi perbaikan pengajaran kedepan.

    Terimakasih banyak atas bimbingan bapak selama ini. mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah saya perbuat selama mengikuti kelas perkuliahan TPK.

  16. nyuwun sewu pak,
    nami kula: Arie Andriyan
    nrp : 2506100174
    sugeng maos…!

    matursuwun sanget kula aturaken karana panjenengan sampun dados guru ingkang ngasta ing materikuliah Teknik Pengendalian Kualitas.

    Ingkang kula pahami saking perkuliahan inggih punika mengenai artosipun kualitas, Critical to Quality, seven tools.

    Terus saran kagem perkuliahanipun Bapak sak lajengipun:
    1). Materinipun katah sanget, napa maneh ing pakempalan2 terakhir, 2 materi sak pakempalan (2,5 jam). Materinipun enggal (mongomery 2005) lan bahasanipun radi susah dipunpahami. Mugi kangge perkuliahan sak lajengipun materinipun dipun ringkes lan dipun sederhanakaken ngagem bahasa ingkang luwih gampil dipun pahami kalian mahasiswa.
    2). Pak, meturut kula tugasipun kekatahen. Dados, menawi luwih sae bilih tugasipun mboten terlalu katah ( menawi 4) tapi ing tugas menika sampun ngandung materi2 ingkang dipunajaraken lan ingkang penting mahasiswa sami mangertos lan paham.

    mohon maaf pak, saya menggunakan bahasa jawa… moga2 bisa menghibur!

  17. selamat malam pak..
    saya Ignasius Wisnu Dwi cahyo
    2506100116
    berikut saran dan kritik yang bisa saya berikan untuk mata kuliah TPK yang bapak bina..

    Kritik:
    1.kuliah jarang tepat waktu
    2.presentasi setelah UTS tidak efektif

    saran:
    1.jika bapak memang tidak bias datang kuliah tepat waktu, sabaiknya di awal kuliah dibuat perjanjian untuk memundurkan waktu masuk kuliah. Misalnya pada kuliah TPK ini seharusnya msuk pukul 07.00, tetapi bapak lbh sering dtg pukukl 07.30, bahkan pukul 08.00. Cenderung membuat mahasiswa yang sudah datang pagi-pagi menjadi tidak bersemangat.
    2.Sebaiknya metode untuk setelah UTS jangan menggunakan presentasi. Karena menurut saya kurang efektif.

    Apresiasi:
    1.Kuliah cukup menambah kemampuan dalam pengendalian kualitas, hanya memang untuk materi setelah UTS masih agak sulit untuk dimengerti.
    2.tugas-tugas cukup membantu pemahaman materi

  18. selamat pagi pak,

    banyak penalaman menarik ketika saya berada di kelas tpk bapak, antara lain saya lumayan sering mendapat “rejeki” untuk mendapat pertanyaan dari bapak. tapi itu sangat bagus, jadi menuntut mahasiswa agar selalu siap untuk kuliah, dan selalu konsentrasi. seharusnya dari awal perkuliahan sudah dibuat perjanjian mengenai jam masuk, kemudian saya merasa presentasi yang dibawakan oleh teman-ten kurang efektif karena ada beberapa yang kurang memahami materi.

    maaf pak sebelumnya, saya sudah mengumpulkan 8 tugas, tapi hanya 6 tugas yang ada nilainya, memang sejujurnya saya mengumpulkan tugas tersebut agak terlambat. tapi saya yakin jika saya sudah mengumpulkan 8, mungkin bapak lupa memariksa atau terselip di suatu tempat. mohon dipertimbangkan pak.
    terima kasih

    selamat natal dan tahun baru 2009

  19. selamat siang pak yudha….

    sebelumnya makasi atas waktu yang bapak berikan untuk bisa mengajar kami walaupun bapak punya kesibukan yang banyak…

    saya mendapat banyak pengetahuan dari kuliah ini…namun yang menjadi sorotan buat saya yaitu saol presentasi kemarin…saya hanya mendapat sedikit pengetahuan dari presentasi tersebut karena tidak begitu jelas saat teman2 menjelaskan,,,,menurut saya ini kurang efektiv…
    masalah yang ke 2 yaitu tugas yang banyak dan hampir sama tiap tugasnya, tolong tiap tugas diberi perincian yang jelas sehingga kami tidak salah dalam mengerjakan tugas…sehingga tugas kami yang harusnya dapat 80 menurut kami namun ditangan bapak bisa turun menjadi 50 karena bapak anggap tugas kami tidak sesuai dengan yang bapak mau…mohon ini jadi pertimbangan..

    saran saya kalo kuliah mau telat harusnya janjian dengan kami…supaya kami datang ke kampus tidak dengan tampang kecewa…itu saja… mohon maap y pakkkk!!!!!

    makasi atas waktunya

  20. BaPak, sLamat siang,,,

    Dari tOtaL keseLuruhan Mata KuLiah TPK yang saya iKuti di keLas baPak, sejujurnya saya hanya mampu menangkap tidak lebih dari 50% saja(atau bahkan kurang,,,),ituPun materi-materi sebelum UTS!!!
    Saya hanya ingin menyampaikan bahwa metode pengajaran bapak setelah UTS sangatlah tidak efektif. Metode presentasi seperti itu memang membuat kami selaku mahasiswa “dipaksa” untuk belajar (trima kasih, Pak!!), namun karna materi perkuliahan TPK bukanlah materi yang mudah maka kami sangat kesulitan untuk memahaminya tanpa bantuan bapak.
    Jangankan para audience yang memahami presentasi, para penyajinya pun juga kesulitan menerangkan materi yang menjadi bagiannya,,,

    Kemudian untuk masalah tugas, saya mohon pengertiannya pak!!
    Tugas yang terlalu banyak dan kurang jelas point yang ingin dituju membuat saya kadang kewalahan,,,
    mungkin lain kali bapak bisa menerangkan materi yang berkaitan dan langkah-langkah pengerjaan tugas sebelum tugas tersebut dikumpulkan,,,

    Selebihnya, Pak Yudha OK kok dalam mengajar!!
    =)
    Hatur Nuhun, Pak,,,

  21. Selamat malam Pak Yudha..

    Langsung saja Bapak
    Saya mungkin sedikit berbeda dengan teman yang lain..

    Jujur saja saya agak kecewa dengan cara mengajar Bapak yang seperti itu,, Jauh dari harapan saya ketika mengisi FRS online dulu..
    Kalau dibandingkan dengan mata kuliah Sistem otomasi yang saya ambil di kelas Bapak dulu, menurut saya cara mengajar Bapak mengalami penurunan..
    Tidak banyak yang saya dapatkan di kelas TPK ini…
    hanya satu materi yang saya paham betul…
    Control Chart..
    Karena tugas yang diberikan dari awal sampai hampir akhir kurang lebih hanya membahas masalah itu..hanya tugas terakhir saja yang membahas masalah TQC dan QCC
    Materi TPK lebih mengarah ke mata kuliah yang bersifat kuantitatif dan memerlukan pemahaman yang cukup dalam..jadi kalau cara mengajar Bapak berupa presentasi seperti itu, hasilnya tidak akan optimal,,karena mahasiswa hanya memahami materi yang dipresentasikannya,,bahkan kalau mau diamati per anak,,mereka hanya paham tentang bagian yang mereka presentasikan,,itupun dengan pemahaman mereka sendiri berdasarkan dari referensi yang ada…yang jelas pemahaman yang didapat tidak seperti pemahaman yang didapat dari seorang dosen..

    saya setuju dengan comment sebelumnya..yaitu dengan sering memberikan latihan soal mengingat mata kuliah ini bersifat kuantitatif..
    saya dulu sempat senang Bapak memberikan tugas di akhir kuliah yang sifatnya sebagai latihan,,,tapi itu hanya sekali…

    Terkait dengan tugas yang diberikan,,
    Tugas Bapak sangat banyak,,namun kalau ditarik dari tugas 1 sampai tugas 7…semuanya hampir sama…tidak ada sesuatu yang signifikan yang membedakan diantara semua tugas itu…
    banyak teman-teman yang mengelukan begini
    “Prasaan tugase podo ae,,aku bingung iki diapakno”
    termasuk juga saya Pak.

    Apalah arti dari tugas yang banyaknya seabrek kalau tujuan dari pemberian tugas itu tidak tercapai
    Akan lebih baik apabila tugas itu berhubungan dengan materi yang sedang disampaikan atau bahan minggu depan.

    Demikian Pak saran,kritik, dan evaluasi saya terkait cara mengajar Bapak.

    Mohon maaf Bapak kalau saya mengatakan sejujurnya..tanpa ada maksud saya kurang berkenan dengan Bapak..Bukankah berkata jujur secara langsung akan lebih baik daripada hanya dipendam di hati. Mungkin dapat menjadi bahan evaluasi di semester yang akan datang….
    Mohon maaf apabila ada salah kata dari Saya…semua itu murni untuk kemajuan kita semua.

    Best Regards,

    Deni I.

  22. assalamualaikum,
    selamat malam pak yudha,..

    langsung saja pak..komentar dari saya pribadi..
    pertama : mengenai mata kuliah ini sebetulnya sangat penting bagi kami khususnya saat kita nantinya mengaplikasikannya dalam bekerja. banyak sebenarnya dari mata kuliah ini yang dapat kita ambil seperti pelajaran tentang quality characteristic,TQC,QCC,dll yang kesemuanya itu akan berguna nantinya jika kita mempunyai usaha sendiri nantinya, karena kualitas dan konsep pengendaliannya terhadap suatu produk barang atau jasa juga dapat menjadi suatu faktor yang dapat meningkatkan penjualan atau profit.

    saya berterima kasih kepada bapak karena dari tugas-tugas yang bapak berikan itulah yang justru memberikan ilmu yang bernilai bagi saya meskipun saya harus capek dan wara….wiri ke perpus buat nyari buku referensi….”capek deh…”.

    akan tetapi, saya masih kurang begitu puas dengan konsep tugas yang bapak berikan, karena selain memang cukup banyak, namun juga format penggarapannya sendiri juga kurang jelas, jadi cukup bingung ketika saya mau memulai dari mana???apa mesti dikasi pendahuluan dahulu.. apa dibuat seperti makalah??? atau langsung to the point ke pokok permasalahan tugasnya???

    kedua : mengenai sistem pengajaran, mungkin lebih baik ga dilakukan dengan sistem presentasi, karena justru dengan konsep tersebut, kami merasa bingung karena yang kebagian presentasipun menjelaskannya juga tidak jelas. gimana kalo misalnya diganti dengan tugas ngresume bahan kuliah minggu depannya tiap minggu, supaya ketika bapak menjelaskan kita juga sudah ngert dahulu sedikit…sedikit…

    mungkin ini saja saran dan kritik saya, bila ada yang kurang berkenan saya mohon maaf..

    wassalam

  23. Saran dan Kritik Buat Pak Yudha P:
    Sebenarnya penilaian mata kuliah yang ada di Jurusan Teknik Industri harus mengikuti apa yang dilakukan oleh bapak Yudha Prasetyawan ini, karena dalam mata kuliah Teknik Pengendalian Kualitas ini, nilai yang diperoleh oleh mahasiswa bukan hanya berdasarkan nilai UTS dan UAS semata, namum juga melihat nilai dari berbagai hal seperti tugas-tugas, presentasi, maupun perkuliahan sehari-harinya sehingga nilai yang diperoleh oleh mahasiswa lebih bisa mempresentasikan keadaan yang sebenarnya.
    Namun untuk perkuliahan periode terakhir menurut saya kurang effective sebab hanya diisi dengan presentasi dari mahasiswa dan sedikit penjelasan dari dosen sehingga materi yang tersampaikan kurang begitu baik karena keterbatasan pemahaman mahasiswa itu sendiri. Namun secara keseluruhan mengenai perkuliahan pada kelas ini sudah cukup karena suasana kuliah pada waktu mengajar sangat santai dan tidak tegang sehingga mahasiswa enak dan nyaman dalam belajar.

    Triyono P (2506100102)

  24. Selamat malam pak…

    Saya terkesan sekali dengan mata kuliah yang bapak berikan terkait dengan metode pengajarannya. Saya tertarik dengan metode pemberian tugas yang cukup banyak tersebut. Walaupun kadang-kadang saya merasa mengeluh ketika akan mengerjakannya bersamaan dengan tugas-tugas yang lain. Akan tetapi tugas yang seperti itu menurut saya akan membiasakan mahasiswa untuk peka dalam menggunakan 7 tools, yang mana hampir di setiap tugas digunakan. Walaupun juga isi tugas tersebut tidak selalu berkaitan secara langsung dengan materi kuliah. Akan tetapi saya agak merasa kurang mendapat materi ketika para mahasiswa yang ketika itu diberi tugas untuk mem-presentasikan materi setelah UTS. Alasan saya para mahasiswa tidak memanfaatkan kesempatan itu sebaik mungkin seperti kurangnya persiapan sehingga ketika melakukan presentasi kurang begitu ‘sempurna'(kurang menguasai materi). Dan akibatnya pula mahasiswa yang mendengarkan juga tidak terlalu konsentrasi. Yang perlu dicatat adalah mahasiswa yang presentasi tidak sedikit yang asal-asalan saja ketika melakukan materi.

    Dari uraian di atas (mungkin ada tambahan pula) saya akan mengusulkan beberapa usulan antara lain:
    1. Sebaiknya materi tetap disampaikan oleh dosen. Akan tetapi sebagai pengganti tugas mahasiswa diberi tugas sebagai control terhadap pengetahuan mereka
    2. Ada salah satu tugas yang tidak dimengerti oleh kebanyakan mahasiswa. Sehingga hasil dari tugas jauh dari memuaskan. Diharapkan dalam mensosialisasikan tugas juga diberikan catatan-catatan yang menjelaskan tugas tersebut.
    3. Yang terakhir, waktu memulai kuliah diharapkan sesuai dengan jadwal

    Mungkin cukup ini saja dari saya. Saya minta maaf kalau ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih banyak atas bimbingannya.

  25. dwi rizky sesar , nrp 2505100100
    selamat malam pak…

    kritik : untuk kuliah kedepan, penyampaian materi melalui presentasi oleh mahasiswa lebih dipersiapkan. untuk materi yang diberikan kesetiap kelompok kemarin saya rasa kurang efektif. banyak teman teman yang kurang paham, baik penyaji maupun audience. untuk hal lain tidak ada.

    apresiasi : saya suka dengan konsep bapak mengajar. memperbanyak tugas sehinmgga yang didapat tidak hanya berkutat pada teori tapi langsung secara apllikasi.

    sekali lagi sitem pengajaran yang bapak terapkan sudah baik. trima kasih atas bimbingan bapak selama ini.

  26. Dengan adanya tugas-tugas yang diberikan kepada para mahasiswa dapat menambah pemahaman tentang materi yang ada,walaupun kadang saya merasa tugas-tugas yang diberikan terlalu banyak..
    tetapi untuk format pembelajaran yang dilakukan dengan presentasi untuk masing-masing babnya,kadang-kadang masih membuat saya dan beberapa mahasiswa bingung mengenai materi yang dipresentasikan oleh teman-teman kami.
    demikian saran dari saya.
    terima kasih

  27. Selamat pagi Pak Yudha,

    Selama menjalani perkuliahan TPk ini, Menurut saya metode yang bapak terapkan dalam mengajar sudah cukup bagus. Bapak dapat memaksa saya untuk minimal membaca buku atau referensi lain dengan adanya tugas yang range waktunya lumayan sangat singkat. Salut buat Pak Yudha. Akan tetapi saya juga terkadang mengerjakan tugas dengan asal-asalan karena hanya mengejar deadline sehingga hasilnya gak maksimal. secara keseluruhan, dengan adanya tugas sangat membantu saya untuk memahami mata kuliah TPK ini.

    Untuk materi yang disampaikan, jujur hanya mata kuliah sebelum UTS yang dapat saya serap dengan baik. Mulai dari pengertian kualitas, CTQ, seven tools dan aplikasinya, CUSUM dll. Untuk materi setelah UTS saya merasa tidak mengerti. Saya merasa metode yang Bapak terapkan setelah UTS kurang efektif. Menurut saya dengan metode tersebut, mahasiswa hanya mengerti materi yang menjadi bahan kelompoknya. Itupun tidak maksimal. Meskipun saya dirangsang untuk menyerap materi dari kelompok lain dengan adanya resume, akan tetapi hal tersebut juga belum cukup untuk membuat saya mengerti materi yang disampaikan kelompok lain.

    The last, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Yudha yang sudah bersedia dan dengan sabar mengajar TPK. Secara keseluruhan saya sangat puas dan bangga dapat diajar oleh Bapak.

  28. Selamat siang pak.

    Maaf baru mengirimkan resume mata kuliah yang saya dapat.
    Saya kurang setuju kalau penyampaian saran dan kritik di post di forum terbuka seperti ini oleh karena itu bagian “Saran dan kritik” saya kirimkan lewat e-mail saja agar lebih sopan.

    RESUME
    Pada awal perkuliahan saya berpikir bahwa hal yang akan saya dapatkan setelah mengambil kuliah ini adalah pemahaman teknis (maintenance proses maufakturnya,dsb) tentang bagaimana mengendalikan kualitas suatu produk untuk memenuhi permintaan konsumen.
    Tapi ternyata hal yang disampaikan dalam mata kuliah ini adalah bagaimana cara mengumpulkan, mengolah dan mengintepretasi sekumpulan data dan kemudian menganalisanya untuk mencari apakah data tersebut sesuai batas kontrol atau tidak, dan kemudian mencari penyebab adanya variasi tersebut agar dapat mengambil tindakan yang tepat. Pada minggu pertama dan kedua disampaikan mengenai apa definisi kualitas yang modern,Critical to Quality-nya, karakteristik kualitas (Kualitas dan faktor-faktor yang menentukan kualitas output dari suatu sistem produksi) serta bagaimana teknik pengendaliannya.
    Pada pertemuan selanjutnya disampaikan mengenai penggunaan seven tools sebagai tools yang sering digunakan untuk mengendalikan kualitas produk. Ketujuh tools tersebut adalah fishbone diagram, histogram, pareto diagram, flow charts, scatter plots, run charts, control chart. Minggu berikutnya disampaikan mengenai SPC (statistical process control) yang berfungsi untuk mengurangi variabilitas. Setelah itu disampaikan materi mengenai capability process yang berfungsi untuk mengetahui apakah proses produksi tersebut bermasalah atau tidak (karena berpengaruh terhadap kualitas).
    Setelah UTS materi dipresentasikan oleh mahasiswa, materi itu melingkupi berbagai prosedur pengendalian kualitas yang lain seperti other univariate statistical process monitoring and control techniques, multivariate process monitoring and control, engineering process control and SPC, factorial and fractional experiments for process design and improvement, process optimitation with designed experiments, lot by lot acceptance sampling for attributes, dan other acceptance sampling
    techniques.
    Tapi sayang, setelah UTS sangat sedikit materi yang bisa saya serap karena bagaimanapun juga materi yang disampaikan teman2 kurang bisa saya lahap dengan baik,he2..
    dan mungkin banyak teman2 yg merasa begitu juga pak..

    akhir kata, met tahun baru ya pak.
    semoga kita bisa menjadi lebih baik di tahun ini, amin.

    Best Regards,
    Aditiya cahya w
    06-25

  29. Assalamualaikum Pak…

    Selama mengikuti perkuliahan TPK selama 1 semester ini, menurut saya Bapak cukup efektif dalam menyampaikan materi perkuliahan. Namun hal itu saya rasakan sampai pada waktu sebelum UTS saja,,, karena setelah UTS penyampaian metri yang dilakukan oleh mahasiswa tidak dapat diterima secara maksimal. karena menurut saya materi yang disampaikan hanya dapat dimengerti oleh kelompok yang presentasi saja,, selebihnya mahasiswa yang lain hanya mendengarkan namun tidak paham akan materi tersebut. Terutama pada hal-hal yang mendetail. Saran saya,, akan lebih baik jika penyampaian materi yang dilakukan oleh kelompok yang presentasi diselingi dengan tambahan penjelasan dari Bapak. Sehingga manfaat dapat dirasakan oleh kelom[pok yang presentasi karena kelompok tersebut menjadi lebih paham tetapi juga berpengaruh pada mahasiswa lain untuk lebih bisa membangkitkan keingin tahuan akan materi yang disampaikan.

    Selain itu,,,mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang sangat penuh dengan tugas. Namun, hal itu sangat memberikan dampak positif bagi mahasiswa untuk lebih memahami materi perkuliahan. meskipun di sisi lainbanyaknya tugas tersebut dapat menyita waktu yang dimiliki oleh mahasiswa sehingga mata kuliah yang lain agak kurang diberikan perhatian yang sama dengan mata kuliah yang diajarkan oleh bapak.

    semoga banyaknya tugas yang diberikan sebanding juga dengan nilai yang diberikan untuk tiap-tiap mahasiwa sehingga penilaian tidak hanya dibebankan pada prosentase ujian yang hanya 15%.

    demikian saran dan kritik dari saya semoga dapat menjadi masukan yang bermanfaat bagi ba[ak maupun bagi mahasiswa yang akan bapak ajar pada semster yang akan datang.
    Teri8ma kasih,,,
    Wassalam.

    Prawatyaningrum K.H
    2505100116

  30. assalamualaikum pak..

    Sebelumnya saya mau berterima kasih sama bapak karena telah diberi kesempatan untuk memberikan saran dan kritik selama perkuliahan yang sudah berlangsung selama 1 semester.

    pada awal perkuliahan saya sangat senang dan bersemangat untuk mengikuti karena bapak menyampaikan materi-materi dengan menarik. tetapi itu hanya berlangsung selama sebelum uts saja.setelah uts berlangsung jujur saya merasa ngawang dengan semua materi-materi yang disampaikan dengan teman-teman yang presentasi.memang metode presentasi sangat bagus untuk membuat mahasiswa memahami materi dengan caranya sendiri, tetapi hanya pada materi yg dipresentasikan kelompok sendiri saja yang bisa dimengerti. selebihnya tidak.
    mengenai tugas, menurut saya bapak sangat banyak sekali memberikan tugas pada kami dengan waktu yang singkat dan materi tidak terlalu signifikan dengan materi kuliah pada saat mengumpulkan.

    demikian kritik dan saran dari saya. semoga berguna di perkuliahan berikutnya baik dalam mata kuliah TPK ataupun materi-materi perkuliahan yang lain.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

    Rizqi Yoshita
    2504100098

  31. Selamat malam pak yudha…

    saya mau berterima kasih pak, kuliah 1 semester ini berjalan dengan lancar Alhamdulillah,,yah…meskipun ada kendala kendala yang saya rasa manusiawi,,
    kuliah dengan pak yudha merupakan pengalaman baru bagi saya, saya merasa cukup paham dengan materi – materi yang diajarkan oleh bapak. Tapi pak, waktu tiba bapak menawarkan metoge belajar dengan cara kami masing2 mempresentasikan materi, jujur saya jadi kurang ngerti pak, bahasa jawanya,”ga mudheng blas” pak.. mungkin karena teknik penyampaian saya dan teman2 lain memang kurang. yah,,,itu saja pesan dan kesan saya pak.. Selain itu, semua berjalan baik.. mungkin segi positifnya dari ketidak mudhengan tadi, saya jadi mau untuk membaca literatur sendiri,biasanya malas sekali pak,,hahaha,,,

    terima kasih pak…
    tetap semangat!!

  32. Sebenarnya utnuk kuliah TPK ini saya merasa banyak sekali hal yang kurang saya pahami. Namun saya usahakan untuk menuliskan apa yang telah saya dapatkan.
    1. yang saya ketahui tentang pengertian/definisi kualitas adalah perbandingan antara proporsi dengan variabilitas. Hal utama yang perlu dilakukan dalam peningkatan kualitas adalah mengurangi variabilitas dalam proses dan produk akhir.
    Adapun dimensi-dimensi/parameter-parameter dari kualitas ada pakar yang membagi menjadi 8, yaitu : performance, reliability, durability, service ability, aesthethic, feature, perceived quality dan conformance to standart.
    2. Tujuan dari pengendalian kualitas adalah tidak hanya untuk mendefinisikan kualitas, tetapi juga untuk menjaga agar kualitas tetap sama atau bahkan lebih baik (fit on quality).
    3. Untuk mengetahui kualitas dari suatu produk/proses dapat digunakan SPC (Statistical Process Chart) yang jumlahnya dapat lebih dari 1 untuk 1 jenis produk, karena parameter dari suatu produk dapat lebih dari 1.
    Sedangkan ukuran kualitas dapat dibagi menjadi 2, yaitu : Attribute dan Variable.
    – Attributte digunakan untuk parameter diskrit, semisal aroma jeruk, apel atau mangga; rasa manis, pahit atau asam; ya-tidak; dll
    – Variable digunakan untuk parameter yang kontinu dan dapat diukur, semisal : berat, panjang, volume, viskositas, dll.
    4. metode yang umum digunakan untuk menganalisis suatu kualitas adalah dengan SEVEN TOOLS. seven tools ini terdiri dari :
    – fishbone diagram => untuk mengetahui sebab-sebab terjadinya cacat
    – histogram =>
    – pareto analisis => untuk mengetahui cacat yang terbanyak
    – flow chart => untuk mengetahui urutan dari proses produksi
    – scatter plot => untuk mengetahui persebaran data
    – control chart => untuk mengetahui apakah cacat bisa diterima atau tidak
    – check sheet
    5. Process Capability Analysis => untuk menganalisis kemampuan proses untuk menghasilkan produk yang uniform
    6. Untuk mengetahui source/sumber variabilitas dapat digunakan metode Cusum (Cumulative Summary Chart (Ci)).
    Kira2 inilah hal merasa sudah saya pelajari selama 1 semester ini. mohon dimengerti

  33. assalamualaikum pak..
    Sebelumnya saya mau berterima kasih sama bapak karena telah diberi kesempatan untuk memberikan saran dan kritik selama perkuliahan yang sudah berlangsung selama 1 semester.
    selama belajar kuliah tpk ini, Saya tertarik dengan metode pemberian tugas yang cukup banyak yang bapak berikan, apalgi rincian tugasnya sudah diberikan pada awal perkuliahan. Walaupun kadang-kadang saya merasa mengeluh ketika akan mengerjakannya bersamaan dengan tugas-tugas yang lain. Akan tetapi tugas yang seperti itu membuat saya senang karena saya bertambah menegrti tentang 7 tools dan aplikasinya, yang mana hampir di setiap tugas digunakan.
    selain itu saya juga sedikit memberikan masukan
    metode pembelajaran yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk bisa belajar prsentasi di depan kelas memang bagus, namun untuk orang seperti saya rasanya hal seperti itu membuat saya tidak bisa
    banyak menyerap materi yang disampaikan
    bahkan kadang saya merasa mahasiswa-mahasiswa yng presentasi di depan kurang bisa memahami dengan baik materi yang mau disampaikan
    jadi untuk kedepannya mohon di pikirkan lagi ya pak metode pembelajaran seperti itu
    agar orang-orang seperti saya bisa sama-sama bisa belajar

    demikian kritik dan saran dari saya. semoga berguna di perkuliahan berikutnya baik dalam mata kuliah TPK ataupun materi-materi perkuliahan yang lain.

    Wassalamualaikum Wr.Wb

  34. selamat malam,pak..

    sebelumnya saya DWI MULYO NUGROHO [2506100135] ingin mengucapkan mohon maaf pada pak yudha jika diawal pertemuan kuliah TPK saya berbuat kesalahan..

    pertama-tama kali jujur memang sangat susah sekali memahami metode pengajaran pak yudha,yakni yang lebih mengedepankan tugas yg menumpuk dengan deadline yg cukup dekat tp lambat laun saya mulai mengerti arti semua itu,bahkan saya tertarik dan setuju sekali dengan statement pak yudha (kalo tidak salah diawal pertemuan kuliah) bahwa “nasib atau nilai mahasiswa tidak ditentukan dari 2jam x 2 (UTS & UAS) duduk diawasi petugas sekretariat,namun dari kesehariannya dikelas dan diluar kelas itulah nilai sebenarnya terlihat” dalam hal ini saya mengerti hakikat pemberian tugas pak yudha,karena saya ini adalah salah satu contoh mahasiswa yg cukup susah mengerti/memahami teori,dan tanpa tugas dari pak yudha yang notebene adalah pengaplikasian dari materi yang sudah diberikan itu akan memudahkan saya dalam hal mengingat, memahami bahkan mengaplikasikannya di hari esok..

    jadi dengan tugas “segunung” seperti itu akan membuat ciri khas tersendiri bagi pak yudha dalam hal metode pengajaran, mungkin metode ini akan membuat mahasiswa itu giat dengan sendirinya dg deadline yg ada..

    overall,saya jd sedikit banyak mengerti tentang bagaimana mengendalikan produk dg menggunakan 7tools yang bertujuan perbaikan berkesinambungan pada produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, memberikan keberhasilan usaha dan mengembalikan investasi kepada para pemegang saham dan pemilik perusahaan (BEP)..

    terakhir doa saya semoga nilai semua mahasiswa di kelas pak yudha tidak ada yg outlier dan masih dapat dikendalikan dengan maksimal hingga UAS tiba,AMIEN..

    semangat berkarir untuk pak yudha,permisi pak..

  35. Selamat malam pak Yudha..

    sepertinya sudah banyak saran yang masuk dari teman-teman mengenai Kuliah TPK yang bapak ajar.
    kalau saya pribadi, kuliah ini adalah kuliah TPK kedua saya. kalau dibanding kuliah TPK pertama saya pada TPK kedua ini saya lebih mendapatkan ilmu dari TPK itu sendiri (meski tidak semua konsep saya pahami dengan jelas).
    Mungkin untuk diawal perkuliahan saya masih bisa mengikuti materi atau konsep2 yang bapak jelaskan.tetapi pada saat setelah UTS ternyata saya kurang bisa mencerna apa saja materi yang diberikan..(presentasi dari teman-teman kurang bisa saya mengerti) jd keluar kelas yang ada saya bingung tadi materinya menjelaskan tentang apa.

    untuk tugas-tugas yang bapak berikan menurut saya itu cukup efektif digunakan, jadi saya bisa tau bagaimana aplikasi dari TPK itu sendiri karena ju2r pada waktu TPK pertama saya kurang mengerti arti dan aplikasi TPK di kehidupan sehari-hari.

    jadi intinya saya cukup puas dengan TPK semester ini.
    sebaiknya untuk setelah UTS dicari metode yang lebih efektif lagi agar materi yang ada bisa lebih mudah untuk dimengerti.karena materi ini juga sangat penting karena menjadi bahan UAS juga.

    cukup sekian kesan dan pesan serta saran yang dapat saya berikan.
    terima kasih pak atas ilmu yang anda berikan kepada kami
    semoga kami bisa lu2s dengan nilai yang memuaskan. amiiiin…=)

    terima kasih
    selamat malam..

  36. Selamat sore Pak Yudha…..

    Perasaan setelah mengikuti perkuliahan:
    Karena kuliah ini adalah kuliah TPK yang kedua bagi saya, maka sedikit benyak saya faham tentang konsep kualitas. Namun, karena saya mereasa kurang cocok dengan cara pengajaran pada kuliah sebelumnya hasilnya hanya sedikit materi tentnag kuliah ini yang bisa saya pahami. Setelah mengikuti kelas bapak saya merasa lebih memahami tetang content dari perkuliahan ini, dan pertanyaan2 yang dulu mengganjal sewaktu mengikuti kuliah TPK yang pertama, dengan mengikuti perkuliahan bapak otomatis dapat terjawab. Maka, secara umum saya merasa puas dengan cara pengajaran yang bapak berikan kepada saya, karena dengan tekinik pengajaran bapak saya merasa cukup memahami serta lebih bersemangat unutk mengikuti perkuliahaan kualitas ini.

    Materi yang didapat setelah mengikuti perkuliahan:
    Materi kualitas yang saya dapatkan selama satu smester ini antara lain bagaimana cara mendefinisikan karakteristik kualitas pada suatu produk, bagaimana cara menentukan faktor-faktor yang memengaruhi kualitas suatu produk. Selain itu, saya memahami tentang 7 tools quality yang digunakan pada pengendalian kualitas, serta bagaimana cara mengaplikasikan tools-tools tersebut. Lalu yang dapat dikatakan sebagai inti dari perkuliahan ini, dalam kuliah ini memepelajari konsep serta aplikasi peta kontrol untuk mengevaluasi dan mengendalikan proses produksi seperti attributes control charts (p-chart, c-chart, dll) dan variable control charts (X-chart dan R-chart). Setelah memahami control charts pada perkuliahan ini memelajari konsep dan aplikasi acceptance sampling guna mengendalikan input dan output sistem produksi (product quality). Dalam hal ini yang menghubungkan antara materi tentang control charts dengan acceptance sampling, pada acceptance sampling belajar perhitungan suatu sample untuk dapat diterima (banyak cacat dalam suatu sample) dan control charts merupakan suatu tools yang menunjukkan banyaknya cacat dalam suatu sample. Dalam acceptance sampling terdapat standard-standard yang umum diaplikasikan dalam proses pengendalian kualitas seperti Mil- Std 105D dan Mil-Std 414, yang dalam perkuliahan ini juga dipelajari. Selain itu, dalam perkuliahan juga belajar tentang menghitung kemampuan proses suatu mesin/perusahaan untuk memenuhi spesifikasi kualitas produk yang diharapkan oleh pasar. Pada akhir pertemuan, lebih banyak belajar tentang aspek-aspek manajemen kualitas yang telah diterapkan pada perusahaan-perusahaan besar seperti aspek-aspek manajemen kualitas yang menyangkut Total Quality Control (TQC), Quality Con trol Circles (QCC), Zero Defects, dan lain-lain. Maka dapat disimpulkan dalam perkuliahan ini mempelajari tentang kualitas dari lingkup yang kecil (definisi dan konseptual) sampai lingkup yang luas (aspek manajemen kualitas).

    Untuk kritik, saran dan apresiasi saya kirimkan pada e-mail bapak.
    Terima Kasih Banyak Pak….

  37. selamat malam pak,,,sebelumnya maaf baru bisa memberikan comment pada bapak sekarang.
    terimakasih atas ilmu dan waktu yang telah bapak berikan selama mengajar TPK ini. pasti banyak energi yang bapak berikan agar kami bisa memahami materi ini dengan baik..
    Hanya saja saya kurang nyaman dengan metode presentasi yang bapak terapakn setelah uts..saya kurang memahami materi yg teman2 berikan. menurut saya kurang efektif karena materi TPK ini selain pemahaman juga butuh hitungan. dan saat presentasi kelompok yang menjelaskan kurang memahami sehingga kelompok lain (yg mendengarkan)menjadi kurang paham ttg materi. meskipun sudah ada usaha untuk membuat resume setelah kuliah berakhir..
    dan saat bapak mengajar saya kurng begitu menangkap maksud bapak,,,padahal sebelumnya saya sangat suka ilmu yg berhubungan dengan statistik…tapi sekarang jadinya berkurang. untuk tugas mohon lebih diperjelas karena ada bebrapa tugas yang kami tangkap maksudnya sama..selain itu tugas terlalu banyak sehingga mahasiswa agak jenuh…untuk penilaian tugas mohon jika tugas tersebut tugas keompok maka nilai sekelompok sama semua…
    namun secara keseluruhan pengajaran bapak sudah baik maaph Pak jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
    terima kasih,,,semoga kedepannya lebih baik untuk kita semua….

  38. Assalamu’alaykum pak….

    Alhamdulillah perkuliahan semester ini selesai begitu juga mata kuliah yang merupakan sangat pokok sekali dan harus dimiliki oleh setiap industrial engineer, Quality Control Technique. Dalam perkuliahan yang bapak asuh dan dengan metode pangajaran bapak terapkan sangat bermanfaat bagi mahasiswa, tetapi hal ini saya rasakan hanya pada tengah semester pertama, mungkin hal ini disebabkan materi2 pada saat itu mudah dan aplikatif. Adapun tengah semester kedua sangat susah untuk diserap karena materinya yang relatif susah (hal ini terbukti dengan adanya mata kuliah khusus untuk materi2 tersebut di mata kuliah Design of Experiment yang dibahas lebih luas), terlebih lagi disampaikan oleh mahasiswa yang mereka semuanya cenderung hanya membacakan slide tanpa memahamkan pendengar. Adapun saran untuk kuliah ini ke depannya adalah:
    1. Sekali-kali bapak memberikan suatu studi kasus yang real di lapangan, syukur-syukur kalau kasus tersebut masih hangat untuk selanjutnya menjadi sebagai bahan tugas dan diskusi di kelas.
    2. Untuk Bab DE tidak perlu disampaikan di TPK…cukup di mata kuliah tersendiri saja yaitu di mata kuliah DE sendiri….lebih baik di lebih fokuskan ke materi 7 tools dan aplikasinya, QTC, QCC.

    Demikian kesan dan saran sederhana dari saya, semoga bermanfaat untuk kedepannya.

    Maramis Setiawan
    2505100158

  39. Ini merupakan kali kedua saya mengambil mata kuliah TPK, dan saya merasa tidak menyesal memutuskan untuk mengulang mata kuliah ini di kelas bapak.

    Rencana pembelajarannya diberikan secara jelas di awal perkuliahan, sehingga mahasiswa dapat dengan jelas mengetahui apa yang harus dipersiapkan untuk menghadapi perkuliahan.

    Tugas-tugas yang diberikan memang cukup banyak, tetapi saya rasa tugas tersebut cukup membantu saya dalam memahami materi yang diberikan di kelas. Selain itu persentase tugas yang cukup besar juga memberikan kontribusi yang cukup banyak untuk nilai akhir mata kuliah ini.

    Pemberian nilai cukup obyektif dan transparan, karena hasil penilaian selalu dibagikan dan di-upload di blog.

    Secara keseluruhan saya puas dengan pola pengajaran yang bapak terapkan, hanya saja saya menyayangkan jam kuliah yang sering kali tidak tepat waktu.

    Tita Aninditha – 2505100125

  40. selamat malam bapak
    maaf baru ngisi commemnt jam segini
    ini adalah mata kuliah pertama saya (semoga dapat lulus dengan nilai baik)
    perkuliahan semester ini dapat berlangsung dengan baik. kalau menurut saya materi materi sebelum uts masih mudah saya pahami. akan tetapi materi yang sesudah uts saya kurang memahami sehingga agak kesulitan dalam menerjemahkannya. akan tetapi dengan diadakannya kegiatan meresume setiap kali ada tugas presentasi dapat membantu saya sedikit lebih banyak. oh ya ada sedikit kritik untuk bapak, tolong dong pak datangnya jangan telat terus.

  41. selamat malam bapak
    maaf baru ngisi commemnt jam segini
    ini adalah mata kuliah pertama saya (semoga dapat lulus dengan nilai baik)
    perkuliahan semester ini dapat berlangsung dengan baik. kalau menurut saya materi materi sebelum uts masih mudah saya pahami. akan tetapi materi yang sesudah uts saya kurang memahami sehingga agak kesulitan dalam menerjemahkannya. akan tetapi dengan diadakannya kegiatan meresume setiap kali ada tugas presentasi dapat membantu saya sedikit lebih banyak. oh ya ada sedikit kritik untuk bapak, tolong dong pak datangnya jangan telat terus.
    mohn maaf bila ada kata yang salah ketik atau ada kata yang tidak enak didengar
    terima kasih

  42. Assalamualikum pak Yudha
    Sebelumnya saya mohon maaf karena terlambat mengisi kritik dan saran, karena yang saya tahu kritik dan saran tersebut hanya dikirimkan ke alamat email bapak bukan ditulis di blog.kritik dan saran ini sebelumnya sudah saya kirimkan ke email bapak tetapi kembali saya tuliskan disini.
    Saya ada beberapa kritik dan saran tentang metode pengejaran bapak pada mata kuliah TPK
    Kritik saya antara lain tentang metode mengajar yang bapak terapkan sesudah uts yaitu mahasiswa di suruh presentasi tentang topik bahasan pada beberapa chapter terakhir, menurut saya hal itu tidak efektif karena saya menjadi kurang terlalu mengerti tentang topik pada chapter tersebut karena teman-teman pada saat presentasi juga kurang jelas, apalagi waktunya relatif singkat, satu pertemuan untuk dua chapter.Jadi saya menyarankan agar metode mengajar seperti itu diganti saja seperti metode sebelum uts.
    Untuk hal yang saya suka tentang metode mengajar bapak adalah tentang tugas-tugas yang harus dikerjakan pada mata kuliah ini sudah diberikan pada awal kuliah,jadi para mahasiswa langsung bisa mencicil untuk mengerjakannya sejak jauh hari, selain itu prosentase penilaian untuk tugas, UTS dan UAS saya rasa cukup adil.
    Itu saja kritik dan sarannya untuk bapak, kurang dan lebihnya saya minta maaf.

    Rio Zulandra
    2505100106

  43. Selamat PAgi Pak,.. Maap saya baru memberikan comment skg. Seingat karena seingat saya, saya sudah mengirimkannya lewat email bapak. Sebelumnya Saya ucapkan termakasih atas semua bimbingan bapak selama ini. Ya meskipun tugas yang iberikan sangat banyak tapi saya tau itu semua pasti demi kebaikan kami semua.Saran yg bisa saya berikan untuk kuliah TPK berikutnya adalah :
    1. Penyajian dan pembahasan materi dengan presentasi tiap-tiap kelompok menurut saya kurang efektif karena pada umumnya kita (mahasiswa) kurang bisa memahami apa yang dijelaskan oleh kelompok penyaji. Bahkan kelompok penyaji sendiri belum tentu paham dengan apa yang mereka sampaikan. Saya cuma sekedar usul, lebih baik Bapak yang menyampaikan materinya. Sedangkan yang dipresentasikan adalah hasil tugas yang dikerjakan oleh tiap-tiap kelompok, jadi bukan presentasi untuk menjelaskan materi kuliah.
    2.Tolong kuliah waktubisa dilaksanakan lebih tepat saja ya pak,..
    Terimakasih.

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: