Tugas 2 Analisa Kuantitatif Operasi Manufaktur

Terima kasih Mbak Nindita (Ketua Kelas SIMAN C – Kms) atas catatannya on March 13th, 2009 at 17:36

Teknis:
1. Bersifat individu.
2. Pilih produk tertentu yang akan diproduksi.
3. Tentukan jenis produk / tipe produk ada berapa & masing2 jenis ditentukan routing (urutan proses produksi)
4. Tentukan jenis mesin dan kapasitasnya (harus ada referensinya).
5. Cari data lain yang dibutuhkan, boleh asumsi tapi harus logis.
6. Hitung semua variabel / parameter dalam manufacturing operation model Groover mulai dari production rate, utilitas,dll.
[contoh persoalan bisa dilihat pada Tugas kelas Jumat perhitungan manufaktur yang disubmit di wordpress ini]

Penekanan tugas ini adalah perhitungan yang tepat berdasarkan referensi data yang matang siap dipakai ataupun direfer (dikonversikan terlebih dahulu)

Kriteria penilaian:
1. Kelengkapan referensi data (30%)
2. Koherensi / narasi tulisan (30%)
3. Pengolahan data & interpretasi (30%)
4. Tata tulis (10%)

Report:
1. Product knowledge
2. Perhitungan & artinya
3. Kesimpulan

Tugas ini dikumpulkan pada Jumat, 27 Maret 2009 maksimal Pukul 20.00 di PASTI-ITS

26 Responses

  1. saya fitria mahasiswi kelas SIMAN Jumat, untuk produk yang akan di gunakan untuk tugas 2. kalau saya menggunakan produk susu, yang nantinya produk yang akan di hasilkan adalah yogurt, keju, ice cream. apakah produk yang saya pilih di perbolehkan pak ?

    Terima kasih

  2. pak,kalo datanya didapat dari observasi langsung bole ga? terima kasih atas bimbingannya pak

  3. Untuk Fitria
    Silakan dengan produk susu….no problem

    Untuk Bayu
    Untuk observasi langsung…karena tidak ada sumber referensinya sertakan foto ketika Anda melakukan observasi

    cheers…good luck

    -yudha-

  4. Pak Yudha, tugas siman 2, saya hendak menggunakan topik pembuatan pagar kira-kira boleh tidak ya pak?

  5. Oya, maaf pak saya lupa. Terima kasih sebelumnya ya pak🙂

  6. Pembuatan pagar…sebaiknya dihindari-karena data sudah terhitung atau ada di praktikum proses manufaktur

    -trims-

    yudha prasetyawan

  7. untuk tugas 2, produk yang ingin saya gunakan adalah kedelai, yang akan diolah menjadi tahu, tempe, kecap, dan minyak nabati. bagaimana menurut pak yudha?

  8. Ok silakan saja…no problem

  9. selamat sore pak yudha…

    kemarin saya sudah mendaftarkan produk saya pada ketua kelas(siman kelas jumat sore). ternyata setelah kertas ditempel di mading, ada teman dari kelas sebelah juga mendafftar produk yang sama(conveyor). bedanya, saya berencana menganalisa belt conveyor, namun teman saya akan enganalisa roller conveyor. apakah saya diperbolehkan meneruskan pekerjaan saya? pertimbangan saya proses produksinya pasti berbeda dengan pembuatan roller conveyor. bagaimana pak yudha?

    …Terimakasih…

  10. Pak, apabila saya mengambil tema pembuatan roti bagaimana pak?
    dengan melihat toko roti seperti bread talk yang membuat roti dengan variasi yang berbeda, bagaimana menurut pak yudha?
    terimakasih

  11. Selamat Pagi Pak,,

    saya mau menanyakan tentang tugas 2,,Kalau produk saya pembuatan keripik dengan bahan baku yang bermacam-macam bisa buah-buahan atau ketela (seperti UKM) apa boleh pak?

    Terima Kasih..

  12. selamat siang pak.
    saya fitria, saya mau nanya pak. klo produk gandum bisa di gunakan tidak pak ? nantinya produk gandum ini akan menghasilkan mie, makaroni, sama pasta spageti. karena produk awal saya yaitu susu, ternyata sudah di ambil anak lain pak. sekian terima kasih.

  13. #purwita
    it’s ok dengan conveyor itu asal Anda bisa menjelaskan bagaimana variasi produknya merupakan hard product variety (beda urutan proses secara signifikan)

    #wimala
    roti…ok ok saja cari varian yang significantly different dalam hal proses

    #yulniar
    Keripik dengan bahan dasar berbeda pada dasarnya adalah soft product variety karena kurang lebih prosesnya sama, coba saja dengan varian keripik – sirup – jus

    #tria
    Produk gandum ok tidak ada masalah…go ahead

    sukses untuk semua
    salam
    -yudha-

  14. pak saya usia rachmawati, mahasiswi sisman kelas kamis…
    untuk tugas 2 ini, saya berencana menganalisa produk bedak dimana ada bedak tabur dan ada bedak padat…
    tapi yang saya temukan adalah produksi skala rumah tangga jd tidak ada mesin khusus…
    apakah saya boleh menggunakan produk ini??

    trima kasih atas perhatian bapak..

  15. selamat pagi pak…pak saya mahasiswi Siman kelas kamis…
    bapak kalo misalnya proses produksinya tidak menggunakan peralatan mesin khusus bisa tidak pak…misalnya saya membuat analisa produk kursi kayu (kursi Batak) dengan kursi plastik bisa tidak pak….terima kasih pak…saran dari bapak sangat membantu tugas saya.

  16. # usia
    Dugaan saya untuk bedak tabur dan bedak padat, prosesnya kurang lebih sama. Kecuali bila Anda bisa membuktikan bahwa kedua produk itu hard product variety silakan

    #wulan
    Tidak menggunakan peralatan mesin khusus tidak masalah, tetapi Anda tetap menghitung waktu operasinya

    #all
    jangan lupa deadline sudah dekat…..cheers and good luck dengan pengerjaan tugasnya

  17. Selamat sore pak,,,,saya aryo siman kelas kamis,,,
    gini pak, saya mau tanya tentang tugas2, saya mau membuat jas,,dan jas itu bisa jas formal dan jas hujan, menurut bapak gimana,,,,,
    terima kasih,,,

  18. sore,pak…
    berkaitan dg tugas 2 sisman,ide produk saya adalah produk railing sbagaimana dari data-data yg sdh cukup saya dapatkan,tp saya sedikit rancu dg berbagi statement dari kawan-kawan mengenai kejelasan tugas 2 ini,apabila varian produk railing saya bedakan berdasarkan raw material seperti kayu,aluminium atau besi yg dpt dipastikan proses produksinya pun akan berbeda,apakah memenuhi seperti kriteria yang bapak harapkan?bolehkah saya lanjutkan?
    trima kasih perhatiannya,pak…

  19. selamat sore Pak,
    saya ingin menanyakan tentang tugas 2
    saya sudah mendapatkan data tentang produk knalpot, tetapi dalam skala produksi kecil.
    apakah saya masih dapat menggunakan produk ini dalam tugas saya?

    terima kasih

  20. pak, untuk produk dari kedelai, saya sudah cantumkan di kertas di mading kampus, kertas yang ditempel oleh KK. Siman jumat, Rudy.
    saya tidak crosscheck ke blog bapak karena sdh saya tulis dan notebene saya lebih dulu dari submit Tony (18/3), saya minggu sebelumnya. karena clash (saya baru lihat blog Bpk hr ini), bagaimana Pak? apa saya harus ganti topik?

    terima kasih,Pak!

  21. #aryo
    Jas formal dan jas hujan itu jauh sekali bedanya…sulit dianggap sebagai variety karena dari bahan baku dan prosesnya berbeda. tapi ok silakan lanjut…

    #dwi mulyo
    silakan lanjut saja dengan railing…jawaban saya kurang lebih senada dengan jawaban untuk aryo

    #nabila
    tidak masalah dengan knalpot, ok no problem

    #dwi kusumaningtyas
    sudah kerjakan saja langsung (sudah terlanjur) asal tidak ada kesamaan satu kalimat pun dengan Tony…tidak ada masalah

    #all
    cheers n good luck

  22. Pak, untuk tgas yg kedua ni, saya mmakai produk gitar, yg mana nanti variasinya mnjadi gtar lstrik dan gtar bolong.
    Mnrut data yg saya dapatkn, produk ini dproses scara handmade Pak.
    Mnurut Bapak apakah produk ini cocok dgn kriteria yg Bapak harapkn?
    NB:kalo dlam proses prduksiny, yg gtar lstrik prlu pnambahan proses wiring (untk suarany) sdangkan gtar bolong tidak pakai proses itu.

  23. oh y.klupaan Pak.
    Material yg dpakai dlm produksiny mmang sama2 kayu tapi brbeda jenisny (bda jenis-beda harga).juga ada bbrapa mtrial logam yg dpakai d gtar lstrk tpi tdak d gtar blong.

    TERIMA KASIH ya Pak.,.

  24. pak, produk yang saya gunakan adalah mixer tank dari PT. Meco Inoxprima. berhubung bagian produknya sangat banyak dan kompleks, apabila saya asumsikan produk tersebut adalah part2 nya mixer tank boleh atau tidak pak??
    jadi produk 1 = Shell,
    produk 2= Cone Cover,
    dan produk 3 = Top Cover
    dari bagian2 tersebut masih ada pembreakdownan lagi. apakah diperkenankan?

  25. Pak Yudha🙂
    Akhirnya saya pake produk ban milik bridgestone pak….gpp y pak….he3….makasih bapak…

  26. # adiatma, karina dan isnaya

    ok no worries …kerjakan saja apa adanya…batas waktunya sudah hari ini. semoga bukan sks (sistem kebut semalam) karena hasilnya tidak maksimal

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

