SOAL UTS

Berikut Soal UTS yang diselenggarakan bulan April lalu (tepatnya 1 April 2009). Ada yang mau membahasnya (mencoba menjawab)..silakan

1. [Bobot Soal = 10] Konversikan bilangan-bilangan berikut ini ke dalam bilangan biner dan BCD (tidak boleh langsung, tetapi harus menunjukkan proses perhitungannya), kemudian buatlah sinyal digital dari bilangan-bilangan tersebut. a. 58 b. 26

2. [Bobot Soal = 15] Berikut adalah nilai yang dicuplik dari sebuah signal analog. Buatlah kurva (tegangan – waktu) yang menunjukkan signal analog tersebut, kemudian berdasarkan nilai yang dicuplik konversikan ke dalam signal digital.

Waktu (ms)

0

15

30

45

60

Tegangan (mV)

5.5

10

12

7,5

4

3. [Bobot Soal = 5] Buatlah gerbang logika dari hubungan logika berikut ini.

( A + B ) . C + D . E

4. [Bobot Soal = 20] Jelaskan perbedaan dari actuator & drive, berikan contoh aplikasi dari actuator & drive serta gambarkan block diagram-nya.

5. [Bobot Soal = 20] PT SENANG USAHA sedang merencanakan sistem barcode untuk produk – produknya. Jika jumlah produk yang dimiliki PT SENANG USAHA berjumlah 175 item, rancanglah barcode yang sesuai dengan kebutuhan dan tetapkan berapa digit barcode yang dibutuhkan.

6. [Bobot Soal = 30] PT SEHAT BERSAMA KAMI (fully automated) memproduksi mie instant DIETZ akan membuat ragam produk sebagai berikut:

Jenis Produk    Type Jumlah varian produk

Mie Hijau Rasa Lokal      12

Mie Hijau Rasa Mancanegara 15

Mie Merah Rasa Lokal                30

Mie Merah Rasa Mancanegara        20


Sebagaimana produk mie instant pada umumnya setiap karton berisi 40 bungkus. Setiap bungkus berisi mie, bumbu utama dan sambal, bumbu penunjang 1, bumbu  penunjang 2 dan plastik pembungkus. Produksi mie dilakukan dengan menggunakan 4 lini produksi, yang bisa dipakai bergantian untuk memproduksi semua varian.


Perusahaan berkeinginan untuk menerapkan sebuah software aplikasi terpadu SAP yang mampu menyediakan informasi persediaan, akuntansi, keuangan, HRD, perawatan dan sebagainya. Sedangkan perangkat hardware utama di lantai produksi dipakai untuk menunjang penghitungan pencapaian target produksi dan kondisi mesin/alat serta lini produksi

a. Buatlah diagram/gambar yang menunjukkan level otomasi di perusahaan tersebut dan disertai dengan penjelasan tentang alasan yang Anda pakai untuk pembagian level tersebut

b.  Jelaskan informasi yang dibutuhkan untuk setiap level, yang didapat dari level bawahnya, dan juga yang akan diteruskan ke level di atasnya ! (misal: level 0 membutuhkan informasi kondisi/status setiap mesin produksi dalam kondisi off atau on atau sedang diperbaiki)

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: