Tugas 2 Analisa Lokasi – Gasal 2009/2010

Buatlah Analisa Lokasi Pendirian 3 Fasilitas Supplier untuk menunjang Kebutuhan, a.l:

1. Pasar, Tambal Ban, SPBU, Minimarket, Mall

2. Apotik, Klinik, Rumah Sakit, Tempat Refreshing

3. dll sesuai catatan di kelas

Langkah yang harus dilakukan adalah :

1. Buatlah deskripsi umum tentang tugas yang Anda kerjakan, berisi latar belakang, tujuan, manfaat serta metodologi pengerjaan yang menunjukkan yang menunjukkan setiap tahap perhitungan yang Anda lakukan memiliki tujuan apa (Buat dalam bentuk uraian paragraf saja, tidak perlu bullet poin ataupun flowchart)

2. Identifikasikan lokasi obyek yang Anda pilih dalam radius 5 km dari lokasi tempat tinggal Anda (gunakan peta Surabaya dalam ukuran kertas A3, Anda boleh menggunakan peta kota asal Anda bila Anda lebih memilihnya)

3. Gunakan metode Ip distance metric untuk menghitung jarak antar lokasi. Anda diminta untuk terlebih dahulu menentukan nilai p dari persamaan yang ada (komparasi dengan jarak sebenarnya), selanjutnya akan dipakai sebagai acuan untuk mencari jarak antar lokasi.

4. Tentukan lokasi fasilitas yang akan didirikan (3 fasilitas) dengan menggunakan metode minimax dan transportation model. (grafik harus ada untuk memberi gambaran tentang model perhitungan)

5. Tentukan lokasi fasilitas yang akan didirikan (3 fasilitas) dengan menggunakan metode Buffa Sarin atau Brown Gibson (pilih salah satu). Untuk ini Anda diminta untuk menentukan 6 alternatif lokasi (tiga di antaranya harus berasal dari hasil perhitungan langkah 4). Jumlah faktor kriteria adalah sebagai berikut:

  • Faktor Kritis minimal 2 buah
  • Faktor Obyektif minimal 6 buah
  • Faktor Subyektif minimal 5 buah

6. Lakukan analisa & interpretasi yang Anda lakukan untuk memilih ketiga fasilitas tersebut akan didirikan di mana. Anda boleh memberikan perhitungan/analisa tambahan (tempatkan di bagian IV Penentuan Lokasi)

7. Buatlah kesimpulan yang menjawab tujuan di langkah 1

8. Jangan lupa mencantumkan daftar pustaka yang Anda pergunakan (misal untuk menentukan skor penilaian untuk kriteria obyektif)

Catatan Khusus

1. Bersifat individu dengan bobot nilai 10%

2. Format cover akan diberikan pada week 3, jangan lupa rangkap 2 (untuk dosen dan mahasiswa) menggunakan HVS A4 warna hijau –> kesalahan format cover mendapat discount khusus 5%

3. Dikumpulkan saat awal proses perkuliahan (dikumpulkan saat kuliah berlangsung atau sesudahnya dianggap terlambat 1 hari)

4. Kertas yang dipergunakan untuk materi tugas adalah HVS A4 70 gram, Times New Roman 11, spasi 1, margin 3-2-2-2 cm (kiri, kanan, atas, bawah). Kecuali gambar peta untuk keperluan identifikasi menggunakan A3 (ketika pengumpulan silakan dilipat, disesuaikan)

5. Tugas hanya boleh disteples saja, atau jika terlalu tebal silakan di-clip
(mengurangi penggunaan plastik)

6. Format tulisan sebagai berikut (ditulis langsung berurutan tanpa perlu pemisah seperti judul bab)

I. Pendahuluan

II. Identifikasi Lokasi

III. Analisa Lokasi (Minimax Model, Transportation Model, dan Buffa Sarin)

IV. Penentuan Lokasi

V. Kesimpulan

~selamat mengerjakan, sukses untuk Anda~

4 Responses

  1. Pak Yudha
    – untuk menentukan jarak antar fasilitas yang diamati (misal supermarket), jarak mana yang dipakai pak? apakah jarak sebenarnya atau hasil perhitungan ?

    – untuk menentukan lokasi apakah boleh memakai “set covering problem” ?

    Terimakasih

  2. Jarak sebenarnya itu dipakai untuk memvalidasi parameter p dalam Ip distance metric, untuk menentukan lokasi optimal pada metode minimax

    Set covering…boleh-boleh saja…silakan

  3. Pak Yudha
    Maaf ada beberapa hal lain yang kurang kami pahami
    – apakah kami selalu harus menggunakan transportasi model untuk menentukan lokasi fasilitas? (karena apabila harus dipakai, berarti kami harus mengasumsikan demand dan juga supply)

    – fasilitas yang dihasilkan ada berapa pak? 3 atau 6?
    -maksud dari fasilitas itu seperti apa pak? apakah fasilitas yang sama atau berbeda?
    misalnya saat memakai laundry, berarti fasilitas itu seperti penjual detergen, pewangi, dll atau sebuah fasilitas yang menjual detergen dan pewangi jadi satu…
    terimakasih pak

  4. Pak Yudha, kami ingin bertanya tentang metode Buffa Sarin.
    untuk faktor obyektif, apabila kami mengunakan faktor jarak berarti apa kami harus menetukan jarak dari lokasi fasilitas yang akan kami dirikan ke satu per satu objek kami (sehingga akan ada 10 tabel). kalo contoh bapak dulu, mempertimbangkan banyak lokasi kos2an sedangkan kami tinggal di ITS yang artinya dari 1 objek ke banyak lokasi fasilitas. lha, kasus kami kan dari banyak objek ke banyak lokasi fasilitas. jadi gimana Pak?
    mohon bantuan Bapak. terima kasih.

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: