PT Petrokimia – Marissa & Lucky Sabrina

Tugas Awal dari Dosen Pembimbing

1. Memahami varian produk yang dihasilkan

2. Memahami proses produksi (urutan proses) untuk menghasilkan produk

3. Memahami penjadwalan produksi secara umum

4. Memahami fasilitas produksi yang menunjang secara umum

Selamat Bekerja

24 Responses

  1. Selamat malam Pak Yudha,

    Saya dan Marissa ditempatkan di bagian Candal 1 Produksi (Pabrik 1) PT Petrokimia Gresik.

    Kegiatan selama KP hari ke-1 s/d ke-5 adalah mengikuti penyuluhan (semacam class room) yang diadakan di gedung Diklat PT Petrokimia Gresik. Kegiatan penyuluhan ini dilaksanakan mulai pukul 07.30-12.00. Berikut resume yang didapat dari KP hari ke-1 dan ke-2:

    KP hari ke-1 (4 Juli 2011)
    Kami diberi penjelasan tentang history perusahaan, sistem rekrutmen, sekilas pabrik dan produksinya, serta penjelasan tentang K3 di PT petrokimia Gresik.

    KP hari ke-2 (5 Juli 2011)
    Kami diberi penjelasan tentang detil plant-plant yang ada, pengetahuan tentang pengolahan air sungai (perusahaan mengambil air dari sungai Brantas dan sungai Bengawan Solo), dan tentang distribusi listrik perusahaan.

    Dari 2 kegiatan diatas, kami mendapatkan informasi sebagai berikut:
    1. Tentang Varian Produk yang Dihasilkan
    –> Terdapat 2 jenis, yaitu produk pupuk dan non pupuk.
    –> PT Petrokimia Gresik memiliki 3 pabrik utama untuk memproduksinya (Pabrik 1, 2, 3). Rinciannya sebagai berikut:
    Pupuk:
    a. Pupuk Urea, Phonska I, NPK I, NPK II, NPK Blending, ZK, dan Petroganik (diproduksi di Pabrik 1)
    b. Pupuk Fosfat, Phonska II. Phonska III, NPK III, dan NPK IV (diproduksi di Pabrik 2)
    c. Pupuk ZA (diproduksi di Pabrik 3)

    non pupuk:
    Amoniak, Asam Sulfat, Asam Fosfat, Cement Retarder, dan Aluminium Florida (diproduksi di Pabrik 1)

    2. Urutan proses untuk menghasilkan produk –> belum dijelaskan secara detil

    3. Penjadwalan produksi secara umum –> akan dijelaskan pada hari ke-4 KP (7 Juli 2011)

    4. Fasilitas produksi yang menunjang secara umum –> kami belum dijadwalkan untuk tour plant, mungkin minggu depan ketika sudah ditempatkan di pabrik 1.

    Untuk sementara hanya ini saja yang dapat kami informasikan kepada bapak. Selanjutnya kami akan rutin memberitahukan kegiatan kami selama KP setiap seminggu sekali (atau kondisional, menyesuaikan dengan arahan bapak nantinya).
    Mohon maaf apabila ada kekurangan,
    Terima Kasih.

    • kalau bisa memang seminggu sekali. cuman problemnya apa Anda bisa sempat ke kampus? Biar bisa berdiskusi jelas. Thx

  2. Log Book
    1. Seminar hari pertama (Senin, 4 Juli 201i) di PT Petrokimia Gresik.
    Materi pertama penjelasan tentang profil perusahaan meliputi sejarahnya yang didirikan tanggal 10 Juli 1972, yang kemudian tanggal tersebut ditetapkan sebagai hari jadi PT Petrokimia Gresik.
    selain itu mengenai sistem rekrutmen melalui 4 tahapan tes (tulis,psikolog,kesehatan dan wawancara) dan gaji karyawan yang ditambahkan berbagai insentif dan tunjangan. Kemudian materi selanjutnya sekilas pabrik serta pengenalan produk dan pengendalian kualitas; menjelaskan ada 3 unit pabrik yang pertama memproduksi amoniak, nitrogen, karbonat cair, pupuk ZA dan Urea, unit pabrik 2 memproduksi Asam Phospat, pupuk NPK PHONSKA, dan Kebomas serta SP-36 dan unit pabrik 3 memproduksi Asam sulfat, AlF3 pupuk ZA II., untuk pengendalian kualitas pada bagian biro proses eLAB yang terdapat pada masin-masing unit pabrik, lab uji kimia dan evaluasi proses. Materi berikutnya penjelasan mengenai pentingnya teknologi dan informasit dikhususkan untuk akuntansi finansial dan juga dalam memperluas network. Dan untuk materi terakhir tentang K3 dalam aplikasiannya di PT petrokimia Gresik, hal ini sangat ditekankan khususnya dalam penggunaan APD (alat pengaman diri). Sehingga total ada 4 materi yang dilakukan di gedung diklat mulai pukul 07.30-12.00 WIB
    2. Seminar hari kedua (Selasa, 5 Juli 201i) di PT Petrokimia Gresik.
    Diberi penjelasan tentang Proses produksi meliputi detil plant-plant yang ada mereview dari pertemuan sebelumnya,hanya saja lebih detail proses kimianya yakni dijelaskan bahan baku pupuk berbeda-beda meliputi gas petrolium,sulfur,nitrogen,phospat, dan air dengan perlakuan proses produksi yang berbeda menghasilkan pupuk Urea,ZA,SP36,NPK Phonska,NPK kebomas ZAII dan beberapa produk sampingan seperti karbonat cair sebagai bahan baku softdrink,air suling untuk air minum mineral,dll. Kemudian materi dari departemen perancangan bangunan mengenai pengolahan air sungai secara efektif dan efisien dalam hal ini perusahaan mengambil air dari sungai Brantas dan sungai Bengawan Solo dengan sistem pipa serta sedikit gambaran pengolahan limbah cair dengan eksternal dan internal treatment, juga dijelaskan distribusi air dari air baku menjadi har water hingga soft water. Selain itu tentang utilitas power dijelaskan distribusi istrik mulai dari pembangkit, distribusi saluran, pengatur tegangan, dan pengaman listrik. Sehingga total ada 3 materi yang dilakukan di gedung diklat mulai pukul 07.30-12.00 WIB

  3. Selamat Malam Pak, berikut saya paparkan logbook hari ke-3 ( Rabu,6 Juli 2011 )yang dilaksanakan di Diklat PT Petrokimia Gresik pukul 07.45-11.30 WIB.

    Dijelaskan 2 materi dari Departemen Rancang Bangun dan departemen perencanaan dan pengendalian produksi

    1. Materi pertama dari Departemen Rancang Bangun memberikan penyuluhan sekilas organigram dari departemen rancang bangun dan fungsinya serta penjelasan mengenai instrumentasi,
    Adapun fungsinya:
    -measurement and control system
    berikut instrumen yang berfungsi mengukur yaitu pressure and sensor (level,temperature)
    sedangkan instrumen yang berfungsi control system DCS and PLC
    -interlock ( tripping system ) and safety system
    berfungsi secara khusus dan independen pada kondisi hazard
    salah satu contoh instrumennya adalah switch jika terjadi konslet maka listrik sekitarnya secara otomatis akan padam. Selain itu untuk I/O yang terlalu besar menggunakan DCS dengan sistem 4 controller, jika 1 controller rusak masih ada 3 controller cadangan yang menggantikan begitu seterusnya,

    2. Materi kedua dari Departemen perencanaan dan pengendalian produksi menjelaskan mengenai manajemen produksi
    Adapun pengertiannya perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan dan pengawasan dar produksi dan proses produksi guna mencapai tujuan dan sasaran produksi
    Jenis produksi pupuk temasuk dalam jenis kontinyu karena prosesnya terus menerus dengam sasaran yang ditetapkan oleh PT Petrokimia Gresik yaitu:
    -menekan down time (pabrik mati)
    -meningkatkan kapasitas mesin secara optimal
    -mencapai target produksi
    -menekan biaya produksi
    -zerro accident
    Berikut tugas dari PPC (Production Planning and Control) atau yang biasa disebut Candal (Perencanaan dan Pengendalian) yaitu:
    -memonitor pelaksanaan rencana produksi dan mengendalikan (laporan)
    -mengestimasi dan penjadwalan
    -merencanakan produk/bahan baku berdasarkan time frame (jangka panjang dan pendek)
    Data yang digunakan dalam perencanaan produksi dari data historis produks tahun sebelumnya dan data dari departemen marketing yang ditunjang dari data pemerintah (jumlah kebutuhan petani akan pupuk)
    Selanjutnya dari data tersebut dibandingkan dengan kapasitas produksi (pabrik).

    Untuk materi yang kedua merupakan bidang yang diterima oleh perusahaan dan kebetulan pembicaranya adalah dosen pembimbing eksternal saya dan Lucky pak. Mungkin ada arahan dari Pak Yudha untuk selanjutnya, terimakasih banyak sebelumnya Pak.

  4. Selamat sore pak, berikut loog book Hari ke 4 KP di PT.Petrokimia Gresik (Kamis, 7 Juli 2011)
    Adapun materi yang disampaikan ada 3 dilaksanakan di diklat pukul 07.30-11.45 WIB, beikut perinciannya:

    1. Manajemen distribusi
    distribusi produk pupuk dibagi menjadi 2 wilayah
    – wilayah 1 mencakup jawa-bali produknya pupuk urea,ZA,SP36 dan NPK
    – wilayah 2 mencakup non jawa-bali produknya pupuk ZA dan SP36
    distribusi dalam tanggung jawab produsen dari gudang di pabrik (greesik) hingga lini ke 3(DC) secara full truck load selanjutnya didistribusikan ke wilayah-wilayah oleh jasa pihak swasta (3PL) dengan frree on truck (LTL).

    2. Inspeksi
    -Pemeriksaan secara NDT (Non Destructive Test) pada peralatan dilakukan secara prefentive, yaitu MPT (Magnetic Particle Testing),UT (Ultrasonic Testing), dan PT(Pnemeumatic testing)
    -Pengujian dengan LT dan HST
    -Evaluasi Korosi
    -Forensik Analisis

    3. Manajemen Pemasaran
    Produk Subsidi: Pupuk Urea,ZA,Petroganik, dan NPK Phonska
    Produk non subsidi: pupuk NPK Kebomas,KCl,DAP,dll
    Sistem pemasaran:
    -konsep lama :orientasinya pada produk, kegiatannya penjualan dan promosi, bertujuan untuk mencapai laba
    -konsep baru : orientasinya pada pasar, kegiatannya manajemen pemasaran yang terintegrasi, bertujuan untuk mencapai laba dari customer satisfaction
    Skenario distribusi yang dilakukan jika normal dimulai dari gudang di gresik dilanjutkan ke gudang penyangga lalu distributor hingga sampai pada kios,jika kondisi khusus tidak dimulai dari gudang di gresik
    Adapun yang dilakukan pemasaran:
    -simplifikasi
    -efektivitas dan efisiensi
    -pengawasan penyaluran
    -dukungan sistem melalui teknologi informasi
    -penunjukkan distributor secara efektif
    Sedangkan Promosi dan layanan yang dilakukan yaitu demo,sosialisasi,pameran,publikasi pembinaan distribusi network dan layanan bebas pulsa

    Demikian ringkasan materi yang disampaikan, setelah hari kemaren dibagikan keplek KIB (Kartu Identitas Bekerja) beserta form penilaian dan denah pabrik, kali ini dibagikan APD sementara yang ada yakni helm. Selebihya akan diberikan ketika dimulai aplikasi kerja praktek.
    Sekian, Terimakasih

  5. Selamat malam Pak Yudha, Berikut log book hari ke 5 (Jumat 8,Juli 2011) seminar dilaksanakan di diklat PT Petrokimia Gresik pukul 07.30-10.30 WIB
    Materi yang disampaikan mengenai pengelolahan bahan berbahaya dan beracun (B3)
    dijelaskan bahwa tujuan dari pengelolaan tersebut adalah mencegah dan atau mengurangi resiko dampak B3 terhadap lingkungan hidup kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya
    adapun prinsipnya yaitu meminimasi B3, pengelolahan bahan baku secara terpadu (produksi penyimpanan, penggunaan dan pengangkutan serta pembuangan di mana B3 merupaan bahan karena sifatnya yang mencemarkan lingkungan hidup kesehatan dan kelangsungan hidup lainnya. Adapun dampak bahaya yang ditimbulkan bisa berupa fisik seperti ledakan , menyala, korosif dan juga berdampak lingkungan seperti terjadi toksisitas akut, iritasi pada kulit, karsiogenik yang berbahaya bagi lingkungsn perairan.
    B3 tersebut perlu dikomunikasikan akan bahaya yang ditimbulkan kepada pekerja, konsumen, emergency responder dan transportasi. komunikasi bisa dilakukan dengan format label yang disimbolkan kemudian didokumentasikan.
    Adapun yang terlibat dalam pengelolaan B3 mulai dari supplier, produksi,hingga user. Sedangkan aktivitas yang menimbulkan limbah yaitu bahan baku yang diproses produksi hingga menjadi produk menyebabkan limbah.
    Kemudian limbah tersebut akan direduksi dengan recycle.

    Sekian ringkasan materi yang disampaikan selama 2jam selebihnya dibagikan APD yang masih belum dilengkapi hari kemaren. Terimakasih atas perhatian Bapak.
    Selamat malam

    • berarti overview pabrik secara keseluruhan bisa dipelajari via training ya. Good. O ya…kalau dirasa ada yang tidak perlu disampaikan ke umum, tidak perlu ditulis di sini.

  6. Berikut log book pertemuan ke-6 (Senin,11 Juli 2011)
    1. Pengarahan Awal pengenalan lebih detail tentang candal (perencanaan dan pengendalian produksi) yang disampaikan oleh Saudara Sebastian Nababan.
    2. Tour plant – mengunjungi DCS (Distribution Control System) ke departemen produksi. Penjelasan tentang proses pembuatan amoniak oleh Saudara Fikri Kurniawan dan Bapak Edi K.

    Pelaksanaan sudah ditempatkan di bagian masing-pabrik. Untuk kelompok kami di candal produksi 1.
    Sekian yang dapat kami sampaikan, Terimakasih Bapak atas perhatiannya

  7. Berikut logbook pertemuan ke-7 (Selasa, 12 Juli 2011)
    1. Berkunjung ke bagian ZA I/III (ke control room). Diberi penjelasan secara umum tentang proses control untuk pabrik pupuk ZA, oleh Bpk. Andy Gunawan.
    2. Penjelasan tentang utilitas untuk menunjang produksi, yaitu air industri (Bagaimana parameter kualitas air industri, apa itu cooling water, demin water, sistem listriknya, instrumen air, dan apa itu steam water).

    Sekian yang dapat kami sampaikan, Terima Kasih atas perhatian Bapak.

  8. Berikut logbook pertemuan ke-8 (Rabu, 13 Juli 2011)
    -Pabrik hari ke-3-
    1. Diberi penjelasan tentang instrument air di service unit 1, seperti GTG (Gas Turbin Generator) dan air reparation plant.
    2. Berkunjung (plant tour) ke bagian Utilitas, diberi tahu tangki cooling water,tangki demin water, tangki degasifier, dan tower filtrasi.
    3. Pemberian tugas khusus yang harus diselesaikan selama KP oleh pembimbing eksternal, dimana tugas tersebut berhubungan dengan forecast produksi dan bahan baku untuk pembuatan pupuk ZA.

    Sekian yang dapat kami sampaikan, terima kasih atas perhatian Bapak.

  9. Berikut logbook pertemuan ke-9 (Rabu, 14 Juli 2011)
    -Pabrik hari ke-4-
    1. Berkunjung (plant tour) ke bagian ZA1 dan 3, diberi tahu tangki evaporator, saturator, centrifuge dan dryer
    2. Berkunjung (plant tour) ke bagian Urea diberi tahu unit sintesa, purifikasi, recovery,konsentrasi dan pengolah kondensat dan unit pembutiran, namun ada kesalahan teknis pada plant tour yang terjadi lift macet sehingga diakhiri untuk safety
    3. Berkunjung (plant tour) ke bagian Amonia diberi tahu desulfurizer, primary reformer,secondary reformer,purge gas/ hydrogen recovery,amonia refrigeration, smonia synthesis,compressor, methanator dan removal karbondioksida.

  10. Berikut Logbook pertemuan ke-10 (Jumat, 15 Juli 2011)
    Pabrik hari ke-5.
    Menyicil pengerjaan tugas khusus dari dosen pembimbing eksternal tentang PPC untuk pupuk ZA di tahun 2011. Progress pengerjaan masih mencapai tahap pengumpulan data-data historis untuk keperluan perhitungan target produksi pupuk ZA tahun 2011.

    Sekian yang dapat kami sampaikan. Terima kasih atas perhatian bapak.

  11. Berikut Logbook pertemuan ke-11 (Senin, 18 Juli 2011) Pabrik hari ke-6
    mengumpulkan progres tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing eksternal, beserta logbook yang selama 10 hari. Kemudian melakukan kunjungan ke bagian PGM (Pengadaan Gudang dan Material) didapat data yang diperlukan untuk menentukan safety stock pada penugasan khusus yang diberikan oleh pembimbing eksternal

  12. Berikut Logbook pertemuan ke-12 (Selasa, 19 Juli 2011) Pabrik hari ke-7 mendapatkan revisi progres tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing eksternal, Menyicil pengerjaan tugas khusus kemudian asistensi dengandari pembimbing eksternal

  13. Berikut Logbook pertemuan ke-13 (Rabu, 19 Juli 2011) Pabrik hari ke-8 mengajukan progres tugas khusus yang diberikan oleh pembimbing eksternal dari hasil revisi, Menyicil pengerjaan laporan kerja praktek kemudian asistensi dan sharing software yang digunakan dalam pengerjaan tugas khusus dengan pembimbing eksternal

  14. Berikut Logbook pertemuan ke-14 (Kamis, 20 Juli 2011). Pabrik hari ke-9.
    1. Menyicil pengerjaan laporan kerja praktek, sampai saat ini separuh dari bab 3 (aktivitas selama KP) dan 5 (tugas khusus dari pembimbing eksternal) telah dikerjakan.
    2. Melanjutkan engerjaan tugas khusus dari pembimbing eksternal.

  15. Berikut Logbook pertemuan ke-15 (Kamis, 22 Juli 2011). Pabrik hari ke-10.
    1. Menyicil pengerjaan laporan kerja praktek,bab 1 dan 2 sampai saat ini separuh dari bab 3 (aktivitas selama KP) dan 5 (tugas khusus dari pembimbing eksternal) telah dikerjakan.
    2. Melanjutkan pengerjaan tugas khusus dari pembimbing eksternal untuk mendapat revisi

  16. Berikut Logbook pertemuan ke-16 (Senin, 25 Juli 2011) Pabrik hari ke-11 Meminta izin kepada pembimbing internal untuk mengajukan progres laporan kepada dosen pembimbing internal agar mendapatkan revisi laporan.

  17. Berikut Logbook pertemuan ke-17 (Selasa, 26 Juli 2011) Mengerjakan revisi yang diberikan dosen pembimbing dan Melanjutkan pengerjaan laporan kerja praktek. Sampai saat ini separuh dari Bab IV yang berisi deskripsi mengenai pemahaman/wawasan yang diperoleh dari setiap kegiatan telah dikerjakan

  18. Berikut Logbook pertemuan ke-18 (Rabu, 27 Juli 2011) 1. Melanjutkan pengerjaan laporan kerja praktek, khususnya penyelesaian Bab IV. 2. Memberikan printout hasil pengerjaan revisi Bab V (tugas khusus) untuk diasistensikan kepada pembimbing eksternal. 3. Memberikan lembar pengesahan untuk ditandatangani oleh pembimbing eksternal dan Manajer Produksi 1.

  19. Berikut Logbook pertemuan ke-19 (Kamis, 28 Juli 2011) Melanjutkan pengerjaan laporan kerja praktek, sampai saat ini Bab I, II, dan V telah fix diselesaikan sedangkan untuk bab III dan IV masih tahap pengerjaan.

  20. Berikut Logbook pertemuan ke-20 (Jumat, 29 Juli 2011) 1. Semua Bab telah fix diselesaikan, dan laporan kerja praktek pun siap untuk dicetak lalu dijilid. 2. Menyerahkan lembar absensi dan mengemblikan APD ke Gedung Diklat PT. Petrokimia Gresik.

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: