PT Alstom Power Energy – Ibrahim dan Agil

Penugasan sesuai dengan yang telah ditugaskan di form penugasan dari dosen pembimbing

Tentang Motion & Time Study, terutama masalah analisa elemen kerja

selamat bekerja

23 Responses

  1. Senin, 11 Juli 2001
    Pengenalan dan pemahaman dari departemen safety dan dari departemen Manufacturing Methods & Investment.

  2. Selasa, 12 Juli 2011
    Mengunjungi shop floor bersama dengan KP-ers lain di Alstom, dan mendampingi untuk melakukan Time Study untuk aktivitas Cutting Ladder Strep.

  3. Rabu, 13 Juli 2011
    Berkeliling Shop Floor dengan salah satu karyawan PT Alstom Power ESI untuk pengenalan mesin-mesin dan aktivitas-aktivitas yang berada di shop floor. Selain itu juga mendapatkan induction dari departemen HRD mengenai sejarah, aktivitas bisnis, struktur organisasi, dan hal-hal lain berkaitan dengan PT Alstom Power ESI.

  4. Jum`at, 15 Juli 2011
    Melakukan pengambilan data waktu proses TR to Fin Tube dan proses BW to Header dengan proses permesinan yang dilakukan adalah proses Welding.

  5. Senin, 18 Juli 2011
    Melakukan Time Study untuk operasi BW Tube to Header dari proses Filler. Perlu diketahui bahwa untuk operasi BW Tube to Header terdapat 3 kali proses, yang pertama adalah Routing, selanjutnya adalah Filler, dan yang ketiga adalah Couping. Pengambilan data Time Study untuk proses Filler ini masih belum selesai dilakukan, sehingga perlu dilanjutkan pada hari berikutnya.

  6. Selasa, 19 Juli 2011
    Melakukan Time Study untuk Operasi BW Tube to Header melanjutkan aktivitas hari sebelumnya untuk proses Filler dan Capping.

  7. Rabu, 20 Juli 2011
    Melanjtukan aktivitas Time Study hari sebelumnya untuk operasi BW Tube to Header pada proses Routing.

  8. Kamis, 21 Juli 2011
    Diskusi dengan tim KPers lain perihal Kerja Praktek.

  9. Jum`at, 22 Juli 2011
    Pengambilan data Time Study proses welding operasi Install Attachment- Harps`s Assembly.

  10. Senin, 25 Juli 2011
    Melakukan pengambilan data Time Study untuk operasi Bending Standars Link dengan material P1. Dimana dengan diameter Tube adalah 3 inci. Proses yang dilakukan dalam operasi meliputi Preparation, Fit-up bending, Pemanasan Tube, Proses Bending, dan Finishing. Time Study ini dilakukan untuk operasi pada proyek Keppel di Bay 3.1.

  11. Selasa, 26 Juli 2011
    Melakukan pengambilan data dengan interview kepada salah satu orang di bagian Quality Control mengenai besarnya Out Diameter (OD) dan Thickness(T) dari Tube yang dipakai pada operasi BW Tube to Header di Bay 5.2 serta kebutuhan jumlah welder untuk melakukan pekerjaan pada 1 Harp. Dimana disini diperoleh data bahwa besar Out Diameter (OD) adalah 38,1 mm dan Thickness-nya adalah 5 mm. Melalui data ini dapat diketahui pula bahwa besarnya In Diameter (ID) adalah sebesar 28,1 dari perhitungan ID=OD-2T. Jumlah welder yang dialokasikan untuk 1 harp adalah sebanyak 2 orang baik itu untuk proses Routing, Filler, maupun Capping. Selain itu, saya juga melakukan pengambilan data Time Study pada proses Shearing. dimana proses ini menggunakan mesin Hidrolic Shear machine CINCINNATI. Proses shearing ini dilakukan pada lembaran besi dengan dimensi P=2400 mm, L=1214 mm, dan ketebalan=2,5 mm. Lempengan ini dikenai proses shearing sehingga menjadi 14 potongan dan dari 14 potongan ini masing-masing akan di-shearing lagi menjadi potongan yang lebih kecil yang nantinya akan dijadikan komponen TR. Jenis material dari lempengan logam ini adalah A36 dan juga merupakan bagian dari proyek Keppel dan pengerjaannya dilakukan di Bay 7.2.

  12. Kamis, 28 Juli 2011
    Melakukan pengambilan data operasi BW Tube to Header pada proses Routing, Filler, dan Capping untuk material T91 proyek Tracy di Bay 5.2.

  13. Jum`at, 29 Juli 2011
    Melakukan pengambilan data Time Study operasi Joint Manifold to Module di Bay 5.2 pada Module B.

  14. Senin, 1 Agustus 2011
    Pengambilan data Time Study proses wellding Butt Joint Element Kherisnapadnam.

  15. Selasa, 2 Agustus 2011
    Time Study Cutting Edge Bar yang dilakukan di Bay 2.1

  16. Rabu, 3 Agustus 2011
    Time Study Joint manifold to Module untuk Module 1A dengan material P91. Dilakukan di Bay 5.2.

  17. Kamis, 4 Agustus 2011
    Pengambilan data Time Study Waktu proses welding Joint Manifold to Module proses Routing untuk Module 2A dan 2B dengan material Carbon Steel. Pengambilan data ini dilakukan di Bay 5.1.

  18. Juma`at, 5 Agustus 2011
    Pengambilan data Time Study waktu proses Welding untuk Joint Manifold to Module proses Routing, Filler, dan Capping dari Module 2A dan B dengan material Carbon Steel. Pengambilan data ini juga masih dilakukan di Bay 5.1.

  19. Senin, 8 Agustus 2011
    Menunggu operasi berjalan untuk melakukan Time Study pengambilan waktu proses dari operasi seperti Cutting edge bar sheet 15, sheet 17, dan beberapa operasi lainnya. Operasi yang perlu diambil datanya tidak selalu melakukan aktivitasnya setiap hari dan setiap waktu, sehingga perlu ditunggu hingga operasi tersebut dilaksanakan.

  20. Selasa, 9 Agustus 2011
    Time Study Cutting Edge Bar untuk sheet 31 dan menunggu operasi untuk sheet yang lain. Pengambilan data ini dilakukan di Bay 2.1 untuk sheet 31.

  21. Rabu, 10 Agustus 2011
    Menunggu operasi Wallbox opening dilakukan untuk Time Study. Wallbox merupakan bagian dari proyek Eemshaven yang berupa waterwall. Wellbox opening ini operasinya dilaksanakan di Bay 3.2 dan di Bay 4.1.

  22. salam, saya choirul dari ITS mau tanya sebentar lagi saya mau kerja praktik di PT. alstom surabaya. kira2 ada yang tau g permasalahan mengenai energi yang ada di perusahaan alstom surabaya. mohon bantuannya. terima kasih……

  23. Mas Choirul, maaf permasalahan energi yang dimaksud apa? Apakah pola penggunaan energi.

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: