What’s on CIM for the next semester

Laboratorium Sistem Manufaktur – Jurusan Teknik Industri ITS adalah satu-satunya Laboratorium Pendidikan Tinggi di Indonesia yang memiliki Fasilitas Computer Integrated Manufacturing (CIM). Pengalaman Anda mendalami bidang ilmu CIM ini akan menjadi sesuatu yang unik dan dapat menjadi salah satu kompetensi unggulan Anda dalam perkembangan Manufaktur Indonesia di masa mendatang. Di lain pihak, kompetensi ini bisa dipergunakan dalam bekerja di perusahaan manufaktur luar negeri atau melanjutkan studi ke luar negeri.

CIM adalah sebuah sistem manufaktur terintegrasi yang memanfaatkan kendali komputer. Metode integrasinya menggunakan kendali closed-loop berbasis real-time process menggunakan sensor, actuator dan berbagai komponen otomasi lainnya.

Secara fisik, CIM mengedepankan proses integrasi komponen pembentuknya sehingga terjadi proses produksi yang sinkron mulai dari persediaan, proses permesinan, material handling, sistem inspeksi, dan storage

Secara konsep, CIM meliputi metodologi yang mengkaji penyimpanan, pengambilan, manipulasi (pengolahan) dan penyampaian (presentation) data produksi, metodologi yang mengkaji mekanisme monitoring kondisi dan perbaikan proses, serta algoritma untuk sinkronisasi antar komponen maupun antar sub proses (misalnya inspection system dan storage, material handling dan persediaan).

 

Materi yang akan disampaikan adalah sebagai berikut (lihat Kontrak Kuliah/Course Outline untuk lebih jelasnya)

  1. Advanced CAD/CAM/CAE
    • Aplikasi integrasi computer dalam design and manufacturing. CAD/CAM dipergunakan dalam pembuatan, modifikasi, analisa, optimalisasi, perencanaan produksi agar didapatkan produk dengan kualitas lebih baik, lebih murah dan lead time yang lebih pendek. CAE sebagai penajaman analisa fungsi dari produk rancangan sekaligus, pelengkap implementasi konsep virtual manufacturing
  2. Computer Modelling, Analysis & Visualisation for Product Design
    • Pengenalan berbagai metode dan tool sebagai pendukung analisa dan optimalisasi produk berdasarkan karakteristik struktur, kekuatan, ketahanan temperatur dan sebagainya
  3. Intelligent Inspection System (include: Image Processing, Vision System, etc)
    • Pengenalan berbagai metode dan tool dalam inspeksi, mulai dari pengolahan gambar sampai dengan penyediaan data untuk QA/QC sebagai dasar pengelolaan sistem pemeliharaan (maintenance) dan reduksi produk cacat. Termasuk diperkenalkan current technology untuk inspeksi.
  4. Robotics in Manufacturing
    • Pemilihan robot dalam CIM dengan memperhatikan sinkronisasi proses, kecepatan penanganan material, dan akurasi
  5. Virtual Reality Machining
    • Implementasi CIM dalam konsep virtual reality sebagai pembelajaran operator maupun manajemen, sekaligus sebagai framework untuk virtual manufacturing yang penting bagi perusahaan berskala global.
  6. Integrasi Business Function in Manufacturing System
    • Metodologi untuk mengakomodasi fungsi-fungsi bisnis dalam CIM, misalnya: perhitungan HPP, maintenance cost, process time, dll
  7. Other CIM components: CNC, ASRS, CAPP, etc
    • Konsep dan operasional pemanfaatan komponen-komponen pembentuk CIM
  8. Hands on project dalam CIM Design
  9. Kunjungan industri fully automated

Bila ada pertanyaan lebih lanjut bisa disampaikan ke

Yudha Prasetyawan

yudhaprase@yahoo.com; yudhaprase@ie.its.ac.id

Dr. Putu Dana Karningsih

dana@ie.its.ac.id

atau bertemu langsung

One Response

  1. Mohon maaf sehubungan dengan sangat rendahnya minat mahasiswa akan kuliah ini, maka mata kuliah pilihan ini tidak akan lagi ditawarkan (diajar oleh saya).

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: