Rindu Transportasi Umum Nyaman di Surabaya

Merasa pusing ketika naik angkutan kota/mikrolet, tempat duduk bus yang cuwil, atau komuter yang catnya sudah tidak keren lagi. Mungkin itu beberapa keluhan yang sering kita dengar atau kita rasakan terhadap transportasi di Surabaya. Pengendara kendaraan pribadi pun semakin agresif di jalan, itu yang saya rasakan. Sulit dipungkiri karena jumlahnya pun sudah tidak karu-karuan.

Transportasi massal yang aman, nyaman dan handal, pastilah kerinduan seluruh warga Surabaya. Jika dibuat ala busway di Jakarta agak repot memang, tetapi jika dibuat MRT atau Tram – investasinya pasti jauh lebih mahal. Apapun bentuknya, jika tidak ada kemauan dari masyarakat beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum – tetap saja persoalannya akan kembali ke asal. Atau jika yang dibuat tidak juga memenuhi customer expectation aman-nyaman-handal tadi. Belum lagi persoalan ketika ada yang baru bagaimana nasib usaha angkutan yang sudah ada sekarang.

Sebetulnya tidaklah sulit – hanya butuh kemauan dan keikhlasan. Semua pengemudi angkutan tetap dipekerjakan, para pengusaha juga dilibatkan. Dengan insentif asalkan harapan tadi terpenuhi, misalnya bila melayani semua trayek dan semua jadwal sebanyak 99% ada insentif besar, serta bila 95% tepat waktu. Dengan catatan kualitas layanan minimalnya harus terpenuhi. Semua pasti bisa dihitung dan Surabaya pasti mampu.

Haruskah kita menjadi sosialis, kalau rumahnya di rungkut harus tinggal di rungkut – di Perak ya di Perak. Bayangkan UMR atau UMK kita untuk beli rumah tipe 36 di Surabaya – selesai berapa tahun?

Hadeh: jamanku jik SD sampek saiki kok sik ngene yo?

Bagaimana pendapat Anda?

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: