Tentang Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah

Mata kuliah wawasan teknologi dan komunikasi ilmiah dimaksudkan untuk memberi inspirasi kepada mahasiswa didalam membangun kemampuan mengembangkan wawasan Ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi serta penerapannya untuk kepentingan konservasi terhadap sumberdaya alam dan sumberdaya manusia dengan pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi secara komprehensif.

Selama mengikuti proses pembelajaran, mahasiswa mengembangkan struktur kemampuan secara konstruktif mulai dari tahap peningkatan kemampuan eksplorasi dalam mendapatkan informasi dibidang iptek untuk pembangunan berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, hingga tahap peningkatan kemampuan komunikasi dan kolaborasi tim yang bekerja secara sistemik dalam merumuskan gagasan teknologi dan inovasinya melalui aktivitas-aktivitas pembelajaran berbasis problem, serta melihat fakta dan permasalahan yang dihadapi bangsa dengan mengambil tema a.l. permasalahan energi, pangan, lingkungan, perubahan iklim dan lain sebagainya dalam rangka melatih kepekaan sosial.

Di akhir pembelajaran, mahasiswa mampu menjelaskan secara lisan gagasan teknologi secara kreatif dan inovatif untuk kepentingan pembangunan berkelanjutan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka mengatasi permasalahan bangsa, dan menuangkannya secara efektif dalam bentuk karya tulis ilmiah.

48 Responses

  1. Ricky Darmawan-1515100052
    Kontribusi yang dapat saya lakukan dalam mewujudkan sustainable development mungkin diawali dengan kontibusi dalam bidang karya tulis ilmiah disertai dengan perwujudannya. Karya tulis tersebut berupa pembuatan repelan nyamuk berbahan dasar kulit buah yang telah saya kerjakan bersama kelompok saya. Mengapa saya memilih hal itu untuk perwujudan sustainable development karena dilihat dari 3 aspek dimensi sustainable berupa Planet, People, dan Profit karya tulis tersebut memenuhinya. Pembuatan obat nyamuk dengan bahan dasar alami tentunya ramah lingkungan, selain itu hal itu pun akan bermanfaat untuk masyarakat karena mencegah penyakit yang dibawa oleh vektor nyamuk. Lalu, obat nyamuk tersebut juga memenuhi aspek Profit karena bahan dasarnya berupa buah-buahan sehingga mudah untuk mendapat,murah untuk membeli, dan mudah untuk membuat. Sedangkan untuk expert kita bisa berkontribusi dalam bioremediasi lingkungan khususnya lingkungan pertambangan, karena pastinya lingkungan bekas tambang menjadi rusak dan terjadi suksesi sekunder. Sehingga dalam bidang ini perlu mendapat andil dalam hal bioremediasi dengan menggunakan bakteri yang mana mampu mengembalikan ekosistem di sekitar area pertambangan yang rusak tersebut. Terima Kasih.

  2. Ila Usfikha-1515100037
    untuk saat ini mungkin belum banyak hal yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan sustainable development, akan tetapi saya akan memulai dengan hal kecil seperti berkontribusi dalam bidang karya tulis ilmiah yang berupa pembuatan bubur dan juga biskuit untuk balita yang terbuat dari daun singkong yang memiliki tujuan untuk membantu para orangtua yang mempunyai kendala untuk memberikan makanan bergizi pada balita dikarenakan kondisi keuangan yang kurang. karena jika balita kekurangan gizi maka akan mengakibatkan gizi buruk, padahal masa depan bangsa ditentukan oleh mereka dimasa mendatang.mengapa menggunakan daun singkong ? karena daun singkong sendiri cukup mudah untuk didapatkan serta manfaat dan kandungan yang sangat baik untuk pertumbuhan, misal vitamin A,C,B17 dan juga mineral. upaya pembuatan karya tulis ini diharapkan dapat mengurangi banyaknya jumlah balita yang mengalami gizi buruk akibat makanan yang kurang bergizi. selain itu karya tulis ini juga diharapkan dapat menambah wawasan para orangtua bahwa dengan memanfaatkan tanaman dilingkungan sekitarnya dapat mengolah suatu bahan menjadi lebih bermanfaat. hal ini juga akan membantu penghematan dalam pengeluaran. Terimakasih

  3. Sebagai mahasiswa, kelak nantinya kita akan menjadi roda roda penerus bangsa ini. Tentunya pembangunan di masa yang akan datang harus berkonsep Sustainable development, yang artinya adalah sebuah konsep yang bertujuan untuk menciptakan kesimbangan diantara dimensi pembangunan, seperti ekonomi, sosial dan lingkungan. Karya tulis yang baru saja saya buat ini memang membahas tentang kebersihan dan kondisi toilet di jurusan SI, namun dengan solusi yang saya tawarkan yaitu yang pertama adalah membuat sistem sensor laser di toilet agar dapat menyiram air otomatis dan lampu dengan light sensor yang dapat menyala otomatis ketika cahaya di sekitarnya redup. Oleh karena itu solusi yang saya tawarkan dapat menghemat energi yang ada.

    BENEDICT TIMOTIUS CHRISTIAN/5215100055/SISFOR

  4. Sustainable development mrupakan proses pembangunan yang bertujuan untuk masa sekarang yang tidak menghilangkan kebutuhan dimasa yang mendatang. Adanya pengertian sustainable development tersebut maka saya ikut berkontribusi dalam menciptakan sustainability dalam hal lingkungan dan membuat suatu karya yang di dalamnya terdapat manfaat untuk kelangsungan kehidupan manusia. Dalam karya tersebut saya mengangkat topic pemanfaatan lahan yang mempunyai karakteristik tanah gambut sebagai lahan yang produktif dan bermanfaat dalam hal pertanian maupun digunakan untuk taman, dimana tanah gambut yang semula tidah berproduktif dengan berbagai cara pengolahan, pencampuran dengan teknologi dan senyawa yang mumpuni tanah gambut akan bisa dikatakan tanah yang memiliki daya produktifitas yang tinggi. Dengan pengolahan yang sedemikian rupa dan menghasilkan tanah yang bisa dikatakan produktif diharapkan bisa menciptakan lahan yang bermanfaat dan tidak terbengkalai sia-sia.

    AMRITHA DEVI (1515100007)

  5. peran yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan sustainable development adalah dengan membuat suatu program pengabdian masyarakat. Program ini ada karena keprihatinan saya melihat banyaknya sampah anorganik yang berada di lingkungan sekitar dimana kita sudah mengetahui bahwa limbah plastik membutuhkan waktu yang lama untuk diuraikan oleh mikroba tanah. program ini namakan program ini dengan “Bank sampah” dimana konsep dari Bank sampah ini adalah sebuah tempat atau fasilitas yang saya sediakan bagi masyarakat untuk menyetorkan sampah, khususnya sampah anorganik. Tentunya, masyarakat yang menyetorkan sampah pada bank sampah ini akan menjadi nasabah sehingga akan mendapatkan balas jasa berupa uang yang dibukukan dalam buku tabungan dan uang tersebut bisa diambil sewaktu waktu. Sampah yang terkumpul dari masyarakat ini bisa dijadikan sebuah kerajinan atau disetorkan pada pengepul untuk didaur ulang kembali. Sedangkan peran yang bisa saya lakukan dimana peran tersebut yang sesuai dengan bidang saya adalah dengan memanfaatkan beberapa bakteri tertentu untuk mempercepat pendegradasian sampah plastik yang tertimbun ditanah dengan tujuan untuk mengurangi jumlah plastik dan mengembalikan kesuburan tanah kembali. Kedua peran yang saya ajukan diatas termasuk dalam konsep the eight millennium development goals pada poin ketujuh yakni memastikan kelestarian yang merupakan bagian dari konsep sustainable development, sehingga dengan peran saya ini saya bisa ikut serta dalam mewujudkan sustainable development.

    Fahmi Rahmadani / 1515100022

  6. Sebagai mahasiswa kita tidak hanya dituntut untuk belajar namun kita juga harus dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saat ini saya masih belum melakukan banyak kontribusi nyata, tetapi saya akan memulainya dengan hal yang sederhana yaitu dengan cara membuat karya tulis ilmiah dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Karya tulis saya tersebut berupa pembuatan kopi dengan ekstrak jahe dan kulit pisang. Jadi selagi kita meminum kopi, tidak hanya mendapatkan manfaat kopi saja melainkan dengan manfaat dari jahe dan vitamin yang terdapat pada kulit pisang. Hal itu juga dapat mengatasi kebosanan masyarakat yang awalnya tidak menyukai kopi, menjadi lebih tertarik. Selain itu bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan, jadi secara tidak langsung hal itu dapat meminimalisir limbah kulit pisang dan turut mewujudkan sustainable development.

  7. Sebagai mahasiswa kita tidak hanya dituntut untuk belajar namun kita juga harus dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin saat ini saya masih belum melakukan banyak kontribusi nyata, tetapi saya akan memulainya dengan hal yang sederhana yaitu dengan cara membuat karya tulis ilmiah dengan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Karya tulis saya tersebut berupa pembuatan kopi dengan ekstrak jahe dan kulit pisang. Jadi selagi kita meminum kopi, tidak hanya mendapatkan manfaat kopi saja melainkan dengan manfaat dari jahe dan vitamin yang terdapat pada kulit pisang. Hal itu juga dapat mengatasi kebosanan masyarakat yang awalnya tidak menyukai kopi, menjadi lebih tertarik. Selain itu bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan, jadi secara tidak langsung hal itu dapat meminimalisir limbah kulit pisang dan turut mewujudkan sustainable development.

    Kiki Novitasari 1515100027

  8. Pada saat ini saya memiliki sebuah pemikiran untuk mewujudkan sustainable development yaitu dengan cara membuat sebuah karya ilmiah. Karya tersebut memiliki tujuan untuk mengatur kendaraan yang ada di tempat parkir dalam lingkungan JSI. Dalam karya tersebut saya ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat memberikan sebuah informasi kepada mahasiswa tentang jumlah kendaraan yang ada di tempat parkir JSI sehingga mahasiswa tidak memaksakan diri untuk memarkir kendaraan di tempat parkir tersebut apabila tempat parkir sudah penuh. Dengan memberikan solusi tersebut saya berharap tempat parkir di JSI akan menjadi lebih rapi dan memudahkan mahasiswa yang ingin mengeluarkan kendaraannya dari tempat parkir tersebut tanpa merasa terganggu dengan posisi kendaraan lain yang tidak tertata.

    Achmad Yazid Maulana Wachid / 5215100126

  9. Kesempatan saya sebagai mahasiswi dalam mewujudkan sustainable development dengan diawali membuat suatu karya ilmiah dimana pemanfaatan eceng gondok sebagai fitoremediasi. Hal tersebut berkenaan dengan lingkungan yang sudah tercemar oleh logam maupun bahan pencemar lain. Fitoremediasi memiliki keunggulan seperti biaya yang dikeluarkan relatif murah karena penggunaan eceng gondok, serta dapat memelihara keadaan alami lingkungan. Harapan kedepan meskipun eceng gondok dianggap sebagai gulma mampu dimanfaatkan dengan pengolahan dan teknologi yang baik.
    Ayik Sanggilora_1515100012

  10. Sustainable development adalah pembangunan/pengembangan berkelanjutan, yaitu pembangunan yang bersifat sementara yang memiliki dampak jangka panjang. Saya sebagai mahasiswa dalam menyumbangkan sustainable development adalah dengan pembuatan karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah saya bertopik tentang terjadinya banjir di kawasan kampus ITS. Dalam karya tersebut saya akan mengaplikasikan sebuah teknologi yang tepat guna yaitu dengan pembuatan terowongan sebagai saluran air hujan yang memiliki suatu pola dan di beberapa titiknya akan dipasang kincir air yang dapat menghasilkan tenaga listrik. Setelah menghasilkan aliran listrik, listrik akan disimpan pada suatu objek tertentu dengan cukup baik dan itu dapat digunakan saat ada pemadaman listrik di ITS. Diharapkan dengan solusi ini akan memperkecil terjadinya banjir di kawasan ITS.

    Yayang Putri Rahmatia_1515100032

  11. Kontribusi yang saat ini paling mungkin saya lakukan dengan kapasitas sebagai mahasiswa Biologi, yakni menuangkan sebuah gagasan dalam karya tulis ilmiah bertemakan lingkungan sesuai dengan basis disiplin ilmu yang sedang saya tekuni. Karya tulis ilmiah tersebut berisi tentang gambaran sederhana penerapan Metode Hidroponik dalam penanaman tumbuhan. Hidroponik adalah sebuah metode penanaman menggunakan media tanam lain dengan karakteristik serupa sebagai pengganti tanah. Media yang digunakan pada karya tulis ilmiah tadi adalah potongan gabus (styrofoam). Dengan karakter khas, gabus terbukti dapat digunakan sebagai media tanam oleh karena kemampuannya sebagai penopang akar, strukturnya agak lunak, serta resistensinya terhadap aliran air yang hampir mirip dengan karakter tanah, kecuali dalam hal penyediaan nutrisi. Nutrisi pada metode ini dapat diperoleh tumbuhan melalui substrat yang dialirkan air pada saat proses penyiraman. Gabus (styrofoam) adalah salah satu jenis limbah yang sulit terurai. Butuh waktu kurang lebih 500 tahun untuk menguraikannya. Dengan adanya metode ini, diharapkan dapat mengurangi risiko pencemaran lingkungan yang diakibatkan limbah gabus secara signifikan. Secara tidak langsung, hal tersebut akan berdampak pada keberlangsungan Bumi, sesuai dengan salah satu prinsip Sustainable Development, yaitu Planet. Penggunaan kembali limbah sebagai media tanam dapat mengehmat biaya daripada membeli yang baru sehingga memenuhi prinsip Profit. Prinsip People juga terpenuhi karena karya tulis ilmiah ini bermanfaat bagi masyarakat. Metode hidroponik diklaim mampu menghasilkan produk tanaman dengan keunggulan bebas hama dan penyakit, sehingga dapat meningkatkan kualitas tanaman itu sendiri.

    Amalia Septiani Radiva
    1515100082

  12. Peran yang dapat saya lakukan untuk sustainable development/ pembangunan berkelanjutan adalah membuat aplikasi yang dapat membantu para engineer seperti autocad, photosop, corel draw, matlab dsb. Produk tersebut akan terus dikembangkan dan akan terus diperbaiki menjadi lebih baik. Aplikasi tersebut dapat membantu seperti membuat sketsa bangunan, mengedit foto, membuat bener, menghitung matrix yang ordonya lebih dari 3, menghitung jarak pada peta dan membandingkan pada jarak yang sebenarnya. Aplikasi ini juga bisa dipakai oleh pemula karena pengoprasian atau penggunaan akan dibuat lebih mudah dibanding aplikasi yang lain, mungkin aplikasi ini akan terlihat simple. Aplikasi mungkin akan mudah didapatkan karena pembuatan juga masih dibuat oleh Mahasiswa.

    Wahyu Isya Wantoro Adi_5215100023

  13. Sustainable development akan dapat berjalan dengan baik dengan berbagai upaya dalam pengendalian dampak lingkungan apabila tersusun dan terencana dengan baik pula melalui tahapan proses pembangunan dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat. Melihat fenomena sederhana sehari-hari yang ada di lingkup ITS salah satunya adanya taman atau rerumputan yang rusak atau mati akibat terinjak-injak. Hal yang dianggap sepele tersebut sedikit demi sedikit merusak lingkungan, hingga tanah menjadi rusak juga. Peran sederhana yang saya bisa lakukan adalah menghindari kebiasaan menginjak taman atau rerumputan serta penanaman kembali lingkungan yang rusak dengan cara mengembalikan peran dan fungsi tanah yang semestinya.

    Riva Ariny Elhaque
    1515100047

  14. dalam mewujudkan sustainable development, saya sebagai mahasiswi sekaligus generasi masa depan harus dapat melakukan sebuah proses perubahan, dalam artian yaitu sebuah perkembangan atau pembangunan ke segala aspek seperti aspek ekonomi, aspek sosial, dll, yang tentunya sesuai dengan bidang ilmu dan keahlian yang dimiliki dan memiliki dampak positif jangka panjang. Maka dari itu, langkah pertama yang dapat saya lakukan adalah memiliki kesadaran yang tinggi untuk berubah menjadi yang lebih baik dengan melakukan hal-hal sederhana seperti membuang dan memilah sampah tepat pada tempatnya, selalu menjaga kebersihan fasilitas-fasilitas umum, dan memanfaatkan sumber energi sebaik mungkin. Kemudian, barulah saya mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama, atau bahkan bekerja sama menciptakan suatu inovasi yang lebih mendukung. Mungkin seperti bersama-sama mencari solusi mengenai permasalahan lingkungan yang tak ada ujungnya. Misalnya pada danau yang permukaannya hampir rata tertutupi oleh alga biru-hijau. Nah dari masalah tersebut, saya bisa mengambil sampel alga dan air danau itu terlebih dahulu untuk diuji di lab. Kemudian mengetahui karakteristik masing-masingnya. Lalu melakukan beberapa pengamatan dan percobaan untuk menghambat pertumbuhan populasi alga tersebut pada danau. Namun tentunya saya juga harus perlu bimbingan dari aslab atau dosen yang ilmunya lebih tinggi dari saya agar yang dikerjakan tidak sia-sia

    Brigita Bening Samasta_1515100017

  15. Mahasiswa seringkali menjadi tolak ukur kehebatan suatu bangsa. Mahasiswa pun juga menyandang predikat sebagai agent of change. Dari kedua hal tersebut, mahasiswa sudah semestinya mampu menjadi pionir perubahan terhadap negaranya dan mampu menghebatkan negaranya tersebut. Dalam kaitannya dengan Sustainable Environment, mahasiswa dituntut untuk mampu memikirkan jalan keluar berbagai masalah yang ada di lingkungannya. Masalah yang saat ini sering dihadapi oleh rakyat Indonesia, khususnya mahasiswa ITS ialah pemborosan listrik. Saya sebagai salahsatu anggota mahasiwa yang harus mampu menjadi pemikir sekaligus penggerak perubahan untuk menjawab permasalahan ini menawarkan sebuah sistem informasi yang akan mampu mengefektifkan penggunaan listrik pada lingkungan ITS. Prinsipnya mungkin sedikit menyerupai smart card yang kebanyakan sudah diaplikasikan pada hotel-hotel yang ada yang menggunakan RFID untuk membuka pintu, sekaligus menghidupkan aliran listrik pada suatu kamar. Pada gagasan saya, kartu tersebut terlalu sia-sia apabila hanya digunakan untuk hal-hal sepele itu. Saya ingin agar kartu tersebut lebih powerfull, yakni mampu menyimpan data berapa jumlah listrik yang digunakan setiap kali dosen mata kuliah mengajar di suatu kelas. Kartu tersebut nantinya rutin digunakan sehingga data yang ada akan mampu diproses untuk selanjutnya mengkalkulasi rata-rata penggunaan listrik tiap mata kuliah. Tidak hanya itu, kartu itu juga mampu berperan sebagai absensi dosen, mengukur keaktifan dosen dalam mengajar, dan mengukur seberapa lama dosen terkait itu mengajar. Besar harapan saya agar ide ini mampu diaplikasikan secara nyata, agar kelak kita mampu menghemat penggunaan listrik secara masif dan menjadi pionir dalam hal teknologi terkini.

    Achmad Farhan Mustaqim 5215100151

  16. Sebagai mahasiswa Sistem Informasi, untuk mewujudkan konsep Sustainable development hal yang perlu saya lakukan adalah membuat suatu terobosan teknologi yang mencakup tiga pilar utama yaitu ; lingkungan, sosial, dan ekonomi. Dengan berlandaskan tiga pilar tersebut, teknologi yang dihasilkan akan memberi dampak sosial ekonomi yang baik bagi masyarakat namun tidak merusak kelestarian lingkungan. Teknologi yang saya tawarkan adalah sebuah sistem aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan berbagai layanan yang menunjang pertanian. Layanannya berupa prediksi curah hujan, data mengenai benih-benih unggul, pupuk yang bekualitas, periode tanam yang tepat, dan kiat-kiat bercocok tanam. Dengan sistem yang selalu terupdate maka informasi yang ditampilkan adalah informasi terbaru. Sistem aplikasi tersebut merupakan penerapan 3 pilar sustainable development, yang mana petani akan diuntungkan dan juga lingkungan tetap terjaga karena sistem aplikasi tersebut memilihkan pupuk yang tidak merusak tanah.

    Gamal Akbar Adzanni
    5215100146

  17. Menjadi seorang mahasiswa itu harus memiliki sebuah inovasi dan kreasi. Untuk itu karya tulis merupakan salah satu wadah untuk mengaplikasikan ide tersebut. Karya Tulisan dapat berubah gagasan mengenai permasalan dan solusinya. Dengan adanya karya tulis ini saya ingin membuat sebuah karya tulis yang dapat diimplemetasikan dan berguna bagi khalayak luas serta sesuai dengan konsep sustainable development . Saya ingin membuat sebuah karya tulis yang berhubungan dengan teknologi. Jadi tema yang saya ambil mengenai permasalahan keamanan pada kendaraan bermotor dimana aksi pencurian motor kerap terjadi. Pada karya tulis ini saya ingin membuat sebuah alat pelacak(GPS) motor yang terhubung dengan aplikasi android/IoS. Sehingga kita tidak perlu membutuhkan alat tambahan dan aplikasi ini juga dapat digunakan oleh berbagai kalangan karena dapat diterapkan pada segala jenis smartphone.

    Nisrina Nur Mahmudha_5215100018

  18. Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah merupakan salah satu mata kuliah penting karena output yang diharapkan nantinya mahasiswa mampu menerapkan Ilmu pengetahuan, teknologi, dan inovasi untuk kepentingan konservasi sumber daya alam dan sumber daya manusia secara komprehensif. Mata kuliah Wawasan Teknologi dan Komunikasi Ilmiah ini menekankan pada penerapanya dalam konservasi sumber daya yang ada. sehingga mahasiswa pun juga diharapkan agar memiliki perilaku Sustainable Development dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    Alif Basor A L-(1515100057)

  19. Indonesia adalah salah satu Negara dengan tingkat konsumsi energi cukup tinggi di dunia yakni sebesar 8 % per tahun yang mana 95% nya adalah bahan bakar fosil ( Integrated Green Business, 2013). Di sini saya menyadari bahwa kesadaran manusia terhadap kondisi energi yang makin hari makin memprihatinkan sangatlah kurang. Karena hal itulah, saya memberikan konsep penyelesaian masalah yang berupa suatu alat yang saya beri nama “ElCo” (Electrical Control). ElCo adalah suatu alat yang dapat mengidentifikasi penggunaan listrik di suatu ruangan. Jika listrik dibutuhkan maka secara otomatis listrik akan menyala dan jika sudah tidak dibutuhkan maka secara otomatis akan mati dengan sendirinya. ElCo bekerja berdasarkan sensor panas tubuh yang dipancarkan oleh tubuh manusia dan getaran yang dihasilkan. Jika ada orang yang berjalan di lorong maka lampu akan otomatis menyala, jika orang tersebut sudah melewati jalan itu akan mati dengan sendirinya.

    Dina Mariana_5215100028

  20. Sustainable development adalah perkembangan yang manfaatnya tidak habis dalam sekali waktu. Jika bicara masalah lingkungan, pohon merupakan aspek penting untuk lingkangan yang baik. Sebagai orang yang bergelut di dunia sistem informasi, saya ingin mengenalkan ‘ tree transmigration’ yaitu menyebarkan bibit bibit pohon supaya tidak hanya menumpuk di sumatera dan kalimantan(dan setelah itu dibakar?). Selain mengambil bibit bibit pohon di tempat yang banyak bibitnya saya juga akan mencari lahan lahan kosong yang mau ditumbuhi pohon. Atau orang yang mau merawat pohon. Terlebih lagi saya juga ingin sekali menanam tanaman khas indonesia di pulau terluar indonesia .Demi indonesia di masa depan

  21. Sustainable development adalah perkembangan yang manfaatnya tidak habis dalam sekali waktu. Jika bicara masalah lingkungan, pohon merupakan aspek penting untuk lingkangan yang baik. Sebagai orang yang bergelut di dunia sistem informasi, saya ingin mengenalkan ‘ tree transmigration’ yaitu menyebarkan bibit bibit pohon supaya tidak hanya menumpuk di sumatera dan kalimantan(dan setelah itu dibakar?). Selain mengambil bibit bibit pohon di tempat yang banyak bibitnya saya juga akan mencari lahan lahan kosong yang mau ditumbuhi pohon. Atau orang yang mau merawat pohon. Terlebih lagi saya juga ingin sekali menanam tanaman khas indonesia di pulau terluar indonesia .Demi indonesia di masa depan

    Khoirul fadillah ahs 5215100116

  22. Peran yang ingin saya lakukan untuk mewujudkan sustainable development atau pembangunan berkelanjutan sesuai keprofesian jurusan sistem informasi adalah saya ingin membuat sebuah aplikasi yang dapat mengatur penggunaan lampu pada malam maupun siang hari. Rangkaian lampu yang ada di dalam rumah ditambahkan sebuah alat yang berfungsi untuk menerima perintah dari aplikasi yang digunakan oleh pemilik rumah. Ketika pemilik rumah lupa mematikan lampu rumahnya dan dalam kondisi pemilik rumah tidak memiliki asisten rumah tangga dan sedang bekerja di kantornya, pemilik rumah tidak perlu khawatir harus pulang kembali ke rumahnya, cukup dengan menekan salah satu perintah yang ada di dalam aplikasi, maka lampu rumah yang masih menyala dapat dimatikan dari jarak jauh. Pemilik rumah pun dapat menekan penggunaan energi listrik di dalam rumahnya.

    Edwin Dwi Ahmad 5215100060

  23. Sebagai mahasiswa Sistem Informasi, teknologi informasi merupakan hal yang biasa saya pelajari dan dapatkan di kampus. Teknologi informasi sendiri membantu kita untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah. Faktanya , karena terlalu banyak membutuhkan (merasa membutuhkan) teknologi informasi banyak dari kita yang melupakan kehidupan sosial kita yang sebenarnya dan terlalu serius dengan dunia maya.
    Dalam mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan, sisi sosial para penerus bangsa harusnya lebih diasah agar lebih peka pada lingkungan yang sebenarnya.
    Solusi untuk masalah ini adalah dengan membatasi penggunaan gadget dengan aplikasi pengingat (reminder) yang akan di tambahkan ke setiap perangkat. Reminder ini akan mengingatkan hal2 kecil seperti mengistirahatkan device, menelpon ortu, atau hal yang lain.
    Reminder ini akan terus menyala tanpa bisa dimatikan jika device tidak di letakkan selama waktu yang di tentukan. Dengan begitu, user akan memiliki waktu untuk bersosialisasi dn tidak terpaku dengan gadget..
    Dengan solusi tersebut, semoga generasi penerus bangsa dapat mengurangi ketergantungan terhadap gadget.
    Terima kasih

    Titis Adi Mei Laningrum
    5215100045

  24. Kontribusi dalam meminimalisir sumber daya alam maupun energi yang sesuai dengan keprofesian saya adalah dengan memulai hal kecil seperti, mengisi ulang baterai laptop atau HP hingga 100% agar baterai tidak mudah rusak (dimana pada baterai terdapat material-material komplek yang bersumber dari alam) dan lebih menghemat energi listrik. Selain itu membatasi diri agar tidak terus menerus memakai barang elektronik seperti HP dan laptop untuk mengisi waktu luang yang kita miliki seperti dengan berolahraga agar kesehatan para programmer tetap terjaga dan tidak hanya terpaku di depan laptop. Selain itu apabila programmer sedang tidak menggunakan Wifi, lebih baik Wifi tersebut dimatikan, lalu pastikan tidak ada aliran listrik yang mengalir dan jangan membiarkan Wifi menyala hingga 24 jam.

    Dhania Pratita L
    5215100039

  25. Sebagai seorang agen perubahan, diharapkan mahasiswa dapat melaksanakan perubahan atau perkembangan yang bersifat positif dan berkelanjutan atau yang biasa disebut Sustainable Development. Mengingat saya seorang mahasiswa yang mempunyai latar belakang IT, saya ingin menciptakan suatu aplikasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar, terkhusus masyarakat ITS. Kali ini saya akan melihat dari sisi tempat parkir ITS yang dalam proses pengamanannya masih menggunakan cara manual saat proses pemeriksaan STNK. Saya ingin membuat suatu aplikasi yang memanfaatkan sensor untuk mendeteksi dan menginputkan data STNK , serta dapat membuka pagar penghalang secara otomatis ketika masuk maupun keluar di area parkir. Sehingga tugas penjaga parkir lebih ringan yaitu hanya dengan mengecek mesin secara berkala dan membantu pemilik motor yang kesulitan mengeluarkan motor mereka.
    Azza Amalia 5215100701

  26. Sebagai mahasiswa yang dapat saya lakukan saat ini adalah dengan mengikuti karya tulis ilmiah yang mengusung tema biogas. Bahan alternatif yang dipakai adalah eceng gondok. Dimana eceng gondok yang dicampur bahan organik lainnya seperti kotoran ternak dan sayuran yang difermentasi dengan bantuan mikroorganisme. Hasil fermentasi ini akan menghasilkan gas yang ramah lingkungan karena gas yang dihasilkan dari kotoran ternak sedikit mengandung gas metan yang dapat menimbulkan efek rumah kaca lebih besar dibandingkan dengan karbondioksida. Selain itu mengurangi komposisi eceng gondok dalam perairan dapat membantu pelestarian keanekaragaman hayati suatu perairan . karena pertumbuhan eceng gondok yang pesat akan menghalangi sinar matahari masuk ke dlam perairan yang mengakibatkan fitoplankton tidak dapat berfotosintesis sehingga membuat organisme lain saling berkompetisi untuk memperoleh makanan. Maka dengan dijadikannya eceng gondok sebagai bahan biogas dapat mengurangi dampak pertumbuhan ecdng gondok yang pesat. Terima kasih.
    TRI WULANDARI
    1515100042

  27. Mahasiswa merupakan gambaran bagaimana suatu negara di masa depan nanti karena mahasiswa – mahasiswa ini yang nantinya akan menjadi penerus suatu negara. Kontribusi nyata pun harus dimulai dari sekarang, karena negara membutuhkan pemikiran – pemikiran yang kreatif dan inovatif dari para pemudanya. Berbicara perihal sustainable development, saya memfokuskan hal tersebut untuk perbaikan jalan di ITS. Seperti kita ketahui, di Jalan Teknik Elektro (jalan depan asrama) terdapat kerusakan yang cukup parah, padahal jalan tersebut merupakan salah satu akses vital untuk keluar masuk ITS. Namun, respon terhadap permasalahan tersebut kurang baik, dan cenderung dibiarkan. Ide saya dalam menerapkan sustainable development pada jalan tersebut yaitu dengan membuat sebuah sistem dengan memasang sensor di sepanjang jalan di ITS yang dapat memetakan keadaan jalan tentang kerusakan maupun permasalahan lain, sehingga dapat dengan mudah diidentifikasi ketika terdapat kerusakan, misal jalan berlubang yang rawan menyebabkan kecelakaan, dan dapat segera diperbaiki. Dan pada akhirnya akan sedikit sekali atau bahkan tidak akan ada lagi jalanan di ITS yang rusak atau berlubang dan dibiarkan dalam waktu yang cukup lama dan rawan akan kecelakaan.
    Terima kasih.
    Gilang Dimizza Mahadika (5215100106)

  28. Ide untuk menciptakan solusi bagaimana memperbaiki kehancuran lingkungan tanpa mengorbankan kebutuhan pembangunan ekonomi dan keadilan sosial generasi mendatang, atau lebih familiar dikenal sebagai Sustainable Development kini sedang gencar-gencarnya dikampanyekan. Terlebih bila kita melihat keadaan bumi saat ini yang semakin lama semakin memburuk. Sudah menjadi kewajiban bagi mahasiswa yang notabene adalah tonggak perubahan bangsa untuk secara aktif turut serta dalam proses Sustainable Development. Dari situlah Saya mengangkat permasalahan yang ada di Kampus Kota ITS untuk bisa ditemukan solusinya. Yaitu masalah genangan air sepanjang jalan masuk sebelah barat Kampus Kota ITS. Selain pembenahan di sistem drainase yang digunakan, Saya dalam karya tulis saya juga mengusulkan dikembangkannya kincir bertenaga angin yang nantinya akan menjadi solusi alternatif untuk memfungsikan pompa untuk dengan efektif mengalirkan genangan air yang cukup dalam ke sistem drainase yang telah dibuat. Dan dengan beberapa sentuhan Sistem Informasi yang berfungsi sebagai pengawas sekaligus pengendali kincir angin agar dapat tetap bekerja secara otomatis.

    Hasan Khadiki_5215100071

  29. Sebagai mahasiswi jurusan Sistem Informasi, saya ingin membuat terobosan terbaru untuk mempermudah penggunaan fasilitas di kampus ITS, seperti: peminjaman sepeda kampus, gedung, dan lain-lain. ITS sudah memiliki banyak fasilitas, namun kurang adanya publikasi mulai dari apa saja fasilitas yang bisa dipinjam secara gratis atau berbayar, hingga tata cara peminjamannya. Untuk mempermudah akses bagi seluruh civitas akademika ITS, perlu dibuat aplikasi khusus yang menampung berbagai macam fasilitas yang tersedia di ITS. Aplikasi tersebut akan terintegrasi dengan bagian sarana dan prasarana ITS, peminjaman atau pemesanan fasilitas olahraga, gedung bisa dilakukan secara online supaya data dapat terekap dengan baik

  30. Sebagai seorang mahasiswi sistem informasi, saya ingin memberikan suatu kontribusi dalam mewujudkan konsep sustainable development berupa suatu inovasi yang memiliki nilai guna bagi semua orang. Alat tersebut dirancang seperti tempat tidur yang dilengkapi dengan alarm dan getaran yang disesuaikan untuk membangunkan seseorang yang memakainya dengan cara yang unik, sehingga orang tersebut mampu bangun tepat waktu tanpa harus merasa terkejut atau bahkan terganggu, saat bangun pun badan terasa lebih rileks. Harapannya tidak lain yaitu agar seseorang dapat beraktivitas dengan baik dan lebih produktif. Tempat tidur tersebut juga dilengkapi dengan lampu otomatis dimana ketika orang tersebut sedang tidur maka lampu akan meredup dengan sendirinya.

    Anindya Dwi L.S / 5215100136

  31. Saya sebagai mahasiswa sistem informasi ingin berkontribusi untuk pembangunan sumber daya manusia / human development secara berkelanjutan dengan sasaran siswa smp. Hal ini juga merupakan salah satu dari kegiatan pengabdian masyarakat. Pertama kali yang saya lakukan adalah dengan mencari dan merekrut volunteer yang siap bersedia mengajar dan mengamalkan ilmunya. Volunteer ini seperti halnya mahasiswa, ataupun guru. Kemudian saya memberikan pembekalan kepada mereka tentang hal – hal apa saja yang akan dilakukan, seperti teknis pengajaran, sistem yang akan diterapkan. Kemudian saya akan membuat aplikasi dan web berbasis mobile. Pengguna(siswa smp) dapat menggunakan aplikasi ini ketika telah mendaftar akun mereka. Di dalam aplikasi tersebut terdapat beberapa room yaitu modul atau materi berbagai macam pelajaran, task, sharing problem(Seperti tanya – tanya soal yang tidak bisa), live chat dan video, dan konsultasi masalah atau curhat dalam hal akademis maupun non akademis, Profile volunteer, dan feedback. Yang dilakukan volunteer ini mendatangi sekolah – sekolah dan mengajak siswa smp untuk join dalam kegiatan ini, karena kegiatan ini juga seperti kegiatan les online. Pengguna aplikasi ini(siswa smp) dapat mengunduh dan membaca materi ataupun modul yang telah diupload. Apabila pengguna memiliki kendala atau tidak paham maka, pengguna akan bertanya pada live chat ataupun di konsultasi. Pada room tersebut volunteer akan menjawab sejelas – jelasnya. Kemudian, Pengguna juga dapat melatih kemampuan pada room task sehingga dapat mengukur sejauh mana kemampuan mereka, dan akan diperlihatkan grafik dari hasil task – task yang telah dikerjakan. Nah, apabila mereka memiliki tugas yang tidak dapat dikerjakan mereka dapat mengeshare soal tersebut di sharing problem, sehingga soal tersebut dapat dijawab oleh pengguna lainnya, ataupun dari volunteer. Untuk room live video, salah satu fungsinya adalah apabila pengguna mempunyai tugas untuk presentasi di depan kelas, pengguna dapat melatih kemampuan presentasinya di depan volunteer, sehingga dapat membantu meningkatkan kepercayaan dari pengguna tersebut dan volunteer juga dapat mengomentari dari segi konten, ekspresi, dan sikap dari pengguna. Sehingga pengguna diharapkan dapat mengimprove kemampuan presentasinya. Untuk room konsultasi dapat digunakan untuk sarana curhat dari pengguna tentang masalah akademis maupun non – akademis, disini volunteer berperan sebagai guru bk sehingga dapat memberikan saran – saran atau nasehat. Untuk room profile volunteer akan diisi dengan data diri dari volunteer, dan untuk room feedback yaitu berupa kuisioner yang dapat diisi oleh pengguna sehingga hasil dari kuisioner tersebut dapat disimpulkan apa yang kurang dan apa yang harus diperbaiki lagi. Aplikasi ini dibuat untuk mengimprove kemampuan anak – anak smp tidak hanya dalam bidang akademik, maupun kemampuan berpresentasi di depan umum sedari dini. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan tempat curhat untuk masalah – masalah mereka, dan memberi nasehat atau solusi untuk masalah mereka sehingga mereka tidak hilang arah ataupun salah pergaulan.

    Yuniar Permatasari 5215100111

  32. Banjir sering terjadi di Indonesia, namun penyelesaiannya tidak pernah membuahkan hasil. Kontribusi yang ingin saya lakukan sebagai mahasiswi Sistem Informasi dalam proses Suistainable Development ini adalah dengan membuat sebuah software untuk mengatasi masalah tersebut. Software yang mendeteksi dan memperkirakan hujan dan intensitasnya. Software tersebut akan dibuat berdasarkan data statistik dari BMKG wilayah setempat yang datanya akan selalu di upgrade dalam kurun waktu tertentu. Software ini akan otomatis dikoneksikan dengan alat water control sejenis pompa yang nantinya dihubungkan dengan sinyal tertentu. Alat itu akan bekerja secara otomatis mengalirkan air hujan penyebab banjir menuju saluran drainase terakhir sesuai dengan perintah dari software.

    Putu Cyndi Ariesta Satyawati_5215100131

  33. Kita sering menjumpai orang-orang yang berlalu lalang pergi di pagi hari untuk pergi ke pasar demi membeli kebutuhan mereka hidup sehari-hari. Seiring perkembangan zaman, Supermarket pun menjadi sarana lain selain pasar untuk membeli barang kebutuhan hidup sehari-hari. Selain tempat yang nyaman, Supermarket memiliki stock barang yang lebih lengkap.
    Kepadatan penduduk pun kian hari kian memuncak, zaman semakin berkembang, kebutuhan pun semakin meningkat seiring bertambahnya penduduk dam berkembangnya zaman.
    Sering kita jumpai juga, banyak masyarakat yang membeli barang-barang di Supermarket dalam jumlah yang sangat banyak layaknya mereka membeli barang di suatu supplier. Supermarket dini hari, menggunakan kereta dorong atau keranjang bagi konsumen yang ingin berbelanja untuk membawa barang belanjaan mereka. Hal ini rupanya dirasa kurang efektif karena kita juga harus membawa barang belajaan kita kemana-mana.
    Untuk itu, sebagai penerus generasi Teknologi masa kini, dan sebagai mahasiswa sistem informasi, solusi yang dapat diberikan mengenai fenomena diatas ialah membuat suatu aplikasi yang terintegrasi pada Supermarket. Dengan login, memasukan password, menghubungkan wifi khusus pada supermaket dan memilih lokasi swalayan yang anda datangi (dengan catatan, anda telah berada di lokasi), lalu anda bisa memilih code barang yang anda hendak beli. Jadi, ketika anda memasuki suatu swalayan, apabila anda ingin membeli sesuatu, hanya dengan memasukan kode yang tertera didalam produk, otomatis barang yang anda pilih akan masuk ke storage (berupa box) dan akan di kirimkan ke tempat tinggal anda sesudah anda membayar nya dikasir (dengan menunjukan total pembayaran yang telah anda lakukan). Dengan cara ini dapat meminimalisir tenaga dan waktu anda.

    Umar Rizki Kusumo W. (5215100096)

  34. Banjir sering terjadi di Indonesia, namun penyelesaiannya tidak pernah membuahkan hasil. Kontribusi yang ingin saya lakukan sebagai mahasiswi Sistem Informasi dalam proses Suistainable Development pada masalah banjir ini adalah dengan membuat sebuah software untuk mengatasi masalah tersebut. Software yang mendeteksi dan memperkirakan hujan dan intensitasnya lalu dapat terkoneksi dengan sebuah alat. Software tersebut akan dibuat berdasarkan data statistik dari BMKG wilayah setempat yang datanya akan selalu diupgrade dalam kurun waktu tertentu. Software ini akan otomatis dikoneksikan dengan alat water control sejenis pompa yang nantinya dihubungkan dengan sinyal tertentu. Alat itu akan bekerja secara otomatis mengalirkan air hujan penyebab banjir menuju saluran drainase terakhir sesuai dengan perintah dari software. Alat water control ini akan bekerja tidak hanya untuk mengalirkan air, namun alat ini akan memisahkan antara air limbah dengan air hujan yang ada di saluran drainase dengan menggunakan prinsip saringan pasir (sand filter) dan saringan karbon (carbon filter). Air hujan dan air limbah ini akan diolah di tempat yang berbeda dengan tujuan yang sama yakni sebagai persediaan air bersih saat musim kemarau.

    Putu Cyndi Ariesta Satyawati_5215100131

  35. Sebagai mahasiswa sebuah kampus “teknologi”, saya dituntut untuk selalu berpikir kritis serta setidaknya menjadi expert di bidang teknologi yang menjadi fokus saya. Saya sendiri tertarik di bidang jaringan komputer. Saya masih ingat beberapa kali saya mengalami hal-hal seperti gagal login di suatu situs sampai dengan server yang tiba-tiba down karena overload. Saya juga punya sebuah mimpi dimana negara ini mempunyai e-government yang baik dan saya dapat berkontribusi disana. Menurut pengamatan saya website instansi-instansi pemerintah masih kurang terurus, bahkan beberapa diantaranya yang terbengkalai. Konten-konten di dalamnya pun kelihatan jarang diupdate. Padahal berapa dana yang telah dihabiskan untuk website tersebut?

    Ahmad Nur Salim (5215100003)

  36. Sebagai mahasiswi Sistem Informasi, saya ingin turut berkontribusi dalam sustain development dengan tentunya sesuai bidang keilmuan dan keprofesian jurusan, yaitu IT.
    Pertama tentunya perlu dilakukan penghematan energi besar-besaran yang digadang-gadang semakin tahun bertambah justru semakin berkurang sumber daya energi. Sebagai pengguna utama IT, dalam hal ini kami dapat berperan dengan meminimalkan penggunaan barang elektronik yang tidak perlu.
    Selanjutnya, sumber energi yang dapat diperbaharui, maupun sampah-sampah yang dapat didaur ulang, dapat dimaksimalkan pengimplementasiannya dengan bantuan kami. Seperti menciptakan inovasi berupa aplikasi pengelolaan sampah dengan sistem yang sederhana tapi dapat menarik orang banyak untuk mengurangi kebiasaan membuang sampah sembarangan.

    Cincinia R. A.
    5215100034

  37. Saya sebagai mahasiswa juga harus ikut andil dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan di masa depan yang harus berkonsep Sustainable development. Seperti yang kita ketahui selama ini, di Surabaya banyak pabrik industri yang dibangun tanpa memberi penanganan terhadap limbah yang dihasilkan. Sebagian besar pabrik industri menggunakan bahan-bahan kimia seperti logam berat dalam proses pembuatan produknya. Adanya logam berat dalam lingkungan perairan dapat menyebakan beberapa kerusakan pada kehidupan di air dan faktanya dapat membunuh mikroorganisme di ekosistem perairan tersebut. Salah satu logam berat yang membahayakan adalah krom (Cr). Permasalahan tersebut harus segera diatasi sesuai konsep Sustainable development. Disini saya mempunyai gagasan untuk mengatasi fenomena tersebut sesuai dengan bidang saya, biologi. Penerapan yang saya lakukan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan berupa karya tulis ilmiah tentang proses fitoremediasi tumbuhan kayu apu (Pistia stratiotes) sebagai tumbuhan alternatif penyerap logam berat krom (Cr) limbah cair industri.

    Dewi Setyoningrum_1515100002

  38. Pada dasarnya mahasiswa yang merupakan agen of change sudah seharusnya berkontribusi didalam mewujudkan sustainable development. Salah satunya dengan membuat karya tulis ilmiah yang disertai dengan perwujudannya. Saya yang merupakan salah satu mahasiswa biologi. Sudah seharusnya dapat menggunakan disiplin ilmu yang saya miliki guna memberi solusi terhadap permasalahan lingkungan sekitar. Salah satunya adalah masalah sampah khususnya sampah plastik. Sampah plastik yang tidak dapat terurai sendiri sering menimbullan masalah. Hal ini di karenakan penanganannya yang kurang baik. Dalam menangani sampah plastik, masyarakat selama ini hanya melakukannya dengan metode pembakaran. Hal ini sangat kurang efektif dan seringkali menimbulkan gangguan unti sekitar. Oleh karena itu dalam hal ini saya berencana untuk melakukan pendegradasian sampah plastik dengan memanfaatkan bakteri melalui metode winogradsky. Dalam metode ini, bakteri yang di gunakan adalah bakteto Bacillus sp. Bakteri ini memiliki tingkat hidup yang cukup tinggi, sehingga ketika dilakukan inkubasi selama beberapa bulan untuk mendegradasi sampah plastik bakteri ini tidak akan mati. Disamping itu pada saat sebelum di lakukan inkubasi maka akan di lakukan peremajaan isolat, sehingga bakteri akan membelah dengan cepat selain melakukan aktivitasnya dalam melakukan pendegradasian sampah plastik.
    Terimakasih
    Nindya Rizqy Kusumawardhani_1515100062

  39. pada dasarnya mahasiswa, yang memiliki ilmu pengetahuan yang lebih tinggi dari masyarakat yang lainnya sudah sepantasnya jika mahasiswa juga ikut memikirkan lingkungan sekitarnya. dalam pengertian lain mahasiswa juga dapat ikut berkontribusi dengan membuat karya tulis ilmiah yang di sertai dengan perwujudannya. mahasiswa dapat mencari solusi untuk permasalahan di dalam lingkungannya sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka tekuni. saya yang merupakan salah satu mahasiswa biologi, dapat ikut berkontribusi dengan memberikan metode-metode ilmiah yang dapat di terapkan untuk menanggulangi permasalahan lingkungan, khususnya sampah plastik. sampah plastik yang tidak dapat terurai begitu saja di alam. memerlukan penanganan yang tepat. selama ini masyarakat cenderung melakukan penanganan dengan melakukan pembakaran pda sampah plastik tersebut. metode ini tidaklah efektif dan lebih mengganggu sekitarnya. oleh karena itu, dalam hal ini saya berupaya melakukan penangan dengan melakukan pendegradasian sampah plastik dengan memanfaatkan bakteri melalui metode winogradsky. dalam metode ini bakteri yang digunakan oleh bakteri Bacillus sp. yang kemudian akan dilakukan peremajaan isolat, peremajaan ini berfungsi agar bakteri Bacillus sp dapat berkembang biak dengan lebih cepat sehingga akan melakukanpendegradasian sampah dalam waktu yang lebih cepat. Bacillus sp tersebut selanjutnya akan di masukkan kedalam tabung untuk selanjutnya melakukan masa inkubai selama beberapa bulan. tinggnya jumlah bakteri pada proses inkubasi dalam pendegradasian sampah plastik, maka akan semakin mempercepat sampah plastik tersebut terurai.

    Nindya Rizqy Kusumawardhani_1515100062

  40. Mahasiswa bukan hanya generasi penerus, tapi juga generasi pembawa perubahan ke arah yang lebih baik. Hal ini seharusnya membuat mahasiswa memahami dan melakukan gerakan untuk membantu masyarakat di bidang sustainable development. Sebagai mahasiswa, saya berniat untuk ikut andil salam membantu masyarakat, terutama di bidang teknologi sesuai jurusan yang saya ikuti dalam perkuliahan, sistem informasi. Yang akan saya lakukan ini berhubungan dengan penerangan koridor-koridor luar gedung yang terkadang masih belum memadai dan dapat memicu hal-hal yang tidak diinginkan. Berbeda dengan koridor dalam gedung, koridor luar lebih banyak membutuhkan penerangan. Namun, pemasangan alat penerangan seperti lampu yang banyak di setiap beberapa meter di koridor, tentunya akan sangat memakan biaya. Untuk itulah saya berharap dapat berkontribusi dalam pembuatan lampu khusus koridor luar yang otomatis dapat menyala ketika gelap dan mati kembali ketika menemukan cahaya matahari yang dapat diatur dengan suatu sistem komputer. Semoga dengan adanya ide-ide mahasiswa, mahasiswa dapat membawa perubahan yang lebih baik.

    Sarah FS 5215100076

  41. Kita sebagai mahasiswa, terutama mahasiswa ITS, tentu harus mengerti dan paham tentang teknologi, tanpa memperhatikan dari jurusan apa kita berasal. Karena dengan teknologi, banyak sekali solusi yang ditawarkan untuk mengatasi segala permasalahan yang ada baik di dalam lingkungan kampus ITS maupun di luar lingkungan kampus ITS. Saya sebagai mahasiswa ITS, tentu ingin menjadi mahasiswa yang berguna yang mampu mengatasi permasalahan yang ada terutama di dalam kampus ITS. Setelah saya amati, ada satu masalah yang menurut saya perlu untuk diatasi. Masalah tersebut menyangkut tentang situs Integra dan Share ITS. Kedua situs tersebut penting untuk kelangsungan perkuliahan mahasiswa ITS, karena segala informasi tentang perkuliahan ada di sana, mulai dari IPK, beasiswa, tugas, dll. Menurut pengamatan saya, membuka kedua situs tersebut lewat browser seperti biasanya kurang efektif. Kita harus membuka browser ponsel/laptop kita, mengetikkan alamat situsnya, lalu login seperti biasa. Saya juga telah mengamati bahwa sekarang ini hampir setiap ponsel yang dimiliki oleh mahasiswa ITS merupakan ponsel pintar berbasis Android. Oleh karena itu, saya ingin “mengubah” kedua situs tersebut ke dalam bentuk aplikasi berbasis Android, sehingga mahasiswa ITS tidak perlu repot-repot lagi untuk membuka browsernya, mengetikkan alamat situsnya, dan login ke salah satu dari dua situs tersebut. Dengan adanya aplikasi berbasis Android tersebut, mahasiswa cukup login saja dan mereka sudah bisa mendapatkan fitur yang sama seperti saat mereka membuka Integra dan Share ITS lewat browser.

    Muhammad Fauzan Pinantyo – 5215100091

  42. Mahasiswa sebagai generasi perubahan dituntut untuk mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk memperbaiki kondisi lingkungan, bangsa dan negara. Saya sebagai mahasiswa ITS jurusan Sistem Informasi tentunya mempunyai keinginan yang kuat untuk berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam perubahan ke arah yang lebih baik tersebut. Kontribusi yang ingin saya lakukan tentunya mengarah pada keprofesian jurusan Sistem Informasi, sehingga peran saya sebagai mahasiswa dapat dirasakan oleh masyarakat melalui kontribusi-kontribusi tersebut. Berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini yaitu meningkatnya tindak kriminal seperti pembegalan, perampokan, pencurian dan lain sebagainya. Untuk mengurangi tindakan tersebut saya memiliki sebuah solusi yaitu dengan pemasangan CCTV yang disertai dengan sensor tindak kriminal yang dipasang di berbagai tempat. Dengan teknologi yang ada, maka CCTV dan sensor tersebut akan langsung terhubung dengan monitor yang terdapat di kantor kepolisian, sehingga apabila terjadi tindak kriminal akan lebih mudah bagi pihak kepolisian untuk melacak tempat kejadian perkara dan secara cepat menangani tindak kriminal tersebut.

  43. Mahasiswa sebagai generasi perubahan dituntut untuk mampu melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk memperbaiki kondisi lingkungan, bangsa dan negara. Saya sebagai mahasiswa ITS jurusan Sistem Informasi tentunya mempunyai keinginan yang kuat untuk berkontribusi secara langsung maupun tidak langsung dalam perubahan ke arah yang lebih baik tersebut. Kontribusi yang ingin saya lakukan tentunya mengarah pada keprofesian jurusan Sistem Informasi, sehingga peran saya sebagai mahasiswa dapat dirasakan oleh masyarakat melalui kontribusi-kontribusi tersebut. Berbagai permasalahan yang sedang dihadapi oleh masyarakat saat ini yaitu meningkatnya tindak kriminal seperti pembegalan, perampokan, pencurian dan lain sebagainya. Untuk mengurangi tindakan tersebut saya memiliki sebuah solusi yaitu dengan pemasangan CCTV yang disertai dengan sensor tindak kriminal yang dipasang di berbagai tempat. Dengan teknologi yang ada, maka CCTV dan sensor tersebut akan langsung terhubung dengan monitor yang terdapat di kantor kepolisian, sehingga apabila terjadi tindak kriminal akan lebih mudah bagi pihak kepolisian untuk melacak tempat kejadian perkara dan secara cepat menangani tindak kriminal tersebut.

    Kharisma Diah Puspitasari 5215100008

  44. ITS merupakan salah satu kampus teknologi terbaik di Indonesia. Sebagai seorang mahasiswa ITS, Saya ingin berkontribusi untuk mendukung Indonesia yang lebiih baik. Sesuai dengan keprofesian saya, saya ingin mengembangkan konsep smart city, dimana teknologi IT dapat mendukung segala aktivitas dan kebutuhan kita. Untuk itu, saya ingin menerapkannya dengan membuat aplikasi peminjaman sepeda kampus. Aplikasi ini tidak hanya untuk meminjam saja, tetapi juga dapat melacak keberadaan sepeda kampus. Dengan begitu, resiko hilangnya seeda kampus dapat diminimalisir serta dapat menarik mahasiswa untuk menggunakan sepeda yang merupakan alat transportasi ramah lingkungan.

    Novia Karunia N. A.
    5215100050

  45. Menurut saya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan sebuah institusi yang besar, dan sedang berkembang menjadi jauh lebih besar lagi. Dalam proses perkembangan itu pula, dibutuhkan perkembangan berkelanjutan, atau “Sustainable Development”. Setiap pembangunan, perkembangan, berwujud fisik maupun non fisik, harus dipikirkan untuk jauh kedepan, sehingga ketika roda kepemimpinan bergulir, para pemimpin- pemimpin baru dapat melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh pempimpin sebelumnya. Pada perkembangan itu pula, harus mempunyai sistem integritas yang baik. Oleh karena itu, saya ingin berkontribusi dalam ranah saya, Sistem Informasi, dengan membuat sebuah sistem integrasi ITS. Mulai dari Student Card yang dapat dipakai mulai dari peminjaman sepeda, absensi kelas/ ujian, pembayaran di kantin, peminjaman buku perpustakaan, parkir, dan masih banyak lagi. Sehingga, dengan satu kartu, dapat bermanfaat di banyak tempat.

    Muhamad Faiq Purnomo Putra
    5215100141

  46. Mohon yang topiknya masih bukan berupa sistem bisa diganti (misal repelan dsb). Terima kasih

  47. Ricky Darmawan-1515100052
    Kontribusi yang dapat saya lakukan dalam mewujudkan sustainable development mungkin diawali dengan kontibusi dalam bidang karya tulis ilmiah disertai dengan perwujudannya. Karya tulis tersebut berupa pencatatan pelanggaran lalu lintas dengan alat sensor. Hal ini dilakukan karena kebanyakan pelanggar lalu lintas lolos dari hukum karena keterbatasan jumlah aparat di TKP dan kekurangan bukti pencatat dalam pelanggaran tersebut. Dalam ide saya ini, saya akan mengaplikasikan sistem sidik jari di mana setiap orang memiliki kode berbeda-beda. Kode tadi akan tertera di kartu identitas(KTP,SIM) ataupun nomor kendaraan setiap orang dan akan tercatat secara otomatis oleh sensor di persimpangan lampu lalu lintas ketika orang tersebut melanggar. Untuk keterkaitannya dengan bidang saya yakni sumber energi untuk alat tersebut adalah tanaman. Jadi akan diwujudkan pembangkit listrik tenaga tanaman karena pada penguraian komponen organik di dalam tanah menjadi anorganik oleh bakteri mampu memunculkan katoda dan anoda yang mampu menghasilkan listrik. Dengan hal tersebut maka mampu mewujudkan 3 dimensi sustainable development yakni planet berupa kelestarian alam dengan pemanfaatan sumber energi terbarukan, people berupa keteraturan publik dalam berlalu lintas, dan profit berupa pemakaian energi yang tidak memerlukan biaya terlalu tinggi karena komponen penunjangnya adalah vegetasi. Sedangkan untuk expert kita bisa berkontribusi dalam bioremediasi lingkungan khususnya lingkungan pertambangan, karena pastinya lingkungan bekas tambang menjadi rusak dan terjadi suksesi sekunder. Sehingga dalam bidang ini perlu mendapat andil dalam hal bioremediasi dengan menggunakan bakteri yang mana mampu mengembalikan ekosistem di sekitar area pertambangan yang rusak tersebut yang selanjutnya dapat dilakukan biomonitoring. Terima Kasih.

Tinggalkan/Submit Komentar di sini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: